Friday, September 30, 2022
spot_img
spot_img

Tiga Jenis Bansos Subsidi BBM dari Jokowi, 1 September Mulai Cair

Jakarta, Aktualiti.com – Gonjang-ganjing kenaikan harga BBM sudah menggemparkan masyarakat Indonesia. Kini pemerintah akan memberikan bansos pengalihan subsidi BBM kepada masyarakat.

Ada tiga jenis bansos subsidi BBM yang akan dibagikan. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan adanya skema bansos pengalihan subsidi BBM diharapkan mampu membantu masyarakat untuk menjaga daya belinya jika nantinya ada kenaikan harga BBM.

Berikut tiga jenis bansos pengalihan subsidi BBM

1. Bantuan Langsung Tunai (BLT)

BLT akan diberikan kepada kelompok keluarga yang rentan terhadap perubahan harga. Jumlah total BLT senilai Rp 600 ribu dan dicairkan dua kali.

BLT tambahan ini rencananya diberikan kepada 20,65 juta kepala keluarga. Anggaran yang dialokasikan sebesar Rp 12,4 triliun. Pendistribusian dikoordinasi oleh Kemensos melalui Kantor Pos Indonesia.

Baca juga : Harga BBM Naik, Pemerintah Bisa Untung Rp 200 Triliun

2. Bantuan Subsidi Upah (BSU)

Syarat utama BSU adalah pekerja dengan maksimal gaji Rp 3,5 juta per bulan. Masing-masing penerima akan mendapatkan Rp 600 ribu sekali pencairan.

Jenis bantuan ini akan disalurkan pada 16 juta pekerja dengan total anggaran sebesar Rp 9,6 triliun.

3. Subsidi Transportasi Angkatan Umum

Selain dua bantuan di atas, bantuan juga akan diperuntukkan bagi para pemilik angkutan umum. Bantuannya berupa subsidi transportasi angkutan umum dan disalurkan melalui pemerintah daerah.

Total anggaran subsidi transportasi angkutan umum sebesar Rp 22,1 triliun diambil dari APBD. Adapun transportasi publik yang bisa mendapatkan bantuan adalah: angkutan umum, ojek, juga nelayan.

Kapan Bansos Subsidi BBM Cair?

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengungkapkan kalau bantuan sosial pengalihan subsidi BBM itu akan disalurkan mulai September 2022.

“Saya kalau siapkan sekarang sudah siap sebetulnya. Tapi nanti per 1 September sekalian bansos yang normal, yang rutin,” kata Risma di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (29/8/2022).

Reporter : Ahmad Widyarma

Editor : M Nur Habib

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini