Friday, September 30, 2022
spot_img
spot_img

4,4 Juta Industri Kecil Menengah Serap 18,64 Juta Tenaga Kerja

Jakarta, Aktualiti.com – Pada triwulan ke 2 tahun 2022, sebanyak 4,4 juta Industri Kecil Menengah (IKM) saat ini mampu menyerap 18,64 juta tenaga kerja.

“Kalau dari jumlah sekitar 4,4 juta dan mampu menyerap naker 18,64 juta,” kata Reni pada Forum Merdeka Barat (FMB) bertema ‘Upaya Bangkit Bersama IKM’ yang diselenggarakan secara virtual di Jakarta, Senin (08/08/22).

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian Reni Yanita menyampaikan bahwa IKM ini pada triwulan ke 2 tahun 2022 tetap memberikan kontribusi positif terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

“Jadi, kalau lihat petanya seperti tu pastinya memang IKM ini bagian dari industri manufaktur yang pada triwulan II-2022 ini tetap memberikan kontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB),” tutur Reni seperti dikutip dari Antara.

Ia mengatakan kontribusi IKM termasuk kedalam 17,84 persen kontribusi industri terhadap PDB.

Reni juga memaparkan terkait data sentra IKM yang dihimpun dinas perindusrian IKM di Indonesia.

“Tercatat terdapat 10.514 sentra yang didominasi oleh IKM kreatif 57,21 persen, makanan dan minuman 38,23 persen, dan sisanya kerajinan dan fesyen,” ucap Reni.

Adapun IKM fesyen, menurutnya, kebanyakan berbasis sandang serta mengangkat kearifan lokal seperti batik dan tenun.

Meskipun di tengah kondisi pandemi serta ancaman resesi global, IKM mempunyai kekuatan yaitu mampu berinovasi dengan memanfaatkan sumber daya yang ada dan menciptakan kebutuhan pasar.

“Kami inginkan kekuatan tersebut tersebut jadi terus besar, mampu membangun branding, berinovasi, dan mampu membaca tren dan kebutuhan pasar global,” kata Reni.

Penyebab kuatnya IKM tersebut, lanjutnya, karena IKM sendiri memiliki empat tujuan, yaitu berdaya saing, menciptakan lapangan pekerjaan yang luas, merambah pasar ekspor, serta menjadi bagian dari rantai pasok dalam penguatan struktur industri nasional.

Reporter : Ali Ruhiyat

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini