Friday, October 7, 2022
spot_img
spot_img

Acuhkan Anjuran Amerika, India Lebih Pilih Diskon Minyak dari Rusia

Jakarta, Aktualiti.com – Amerika Serikat (AS) memberikan teguran hingga penekanan kepada India untuk tidak impor minyak dari Rusia. Sejauh ini tidak diindahkan, melainkan India tetap impor minyak dari Rusia tergantung pada keamanan energi di negaranya.

India utamakan pengadaan bahan bakar minyak murah untuk warganya, pendapatan per kapita 2.000 dollar AS bukanlah hal yang mampu menghadapi kenaikan harga minyak. Perusahaan-perusahaan di India terus akan meningkatkan impor minyak dan batu bara dari Rusia. Pemerintah India mengatakan tidak ada dorongan maupun tekanan dari pihak manapun terkait pembelian sumber energi dari Rusia.

“Saya memiliki warga dengan pendapatan per kapita 2.000 dollar AS. Mereka bukan warga yang akan mampu menghadapi kenaikan harga minyak,” kata Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar dikutip Kompas.id.

Baca juga : Menkeu AS: Harga Minyak Dunia Berisiko Melambung Saat Musim Dingin di Eropa

Dikutip Katadata.co.id, Sabtu (27/7/22) sebelumnya Amerika Serikat (AS) menganjurkan agar India memboikot impor energi dari Rusia karena menghambat respons AS dalam membantu Ukraina yang berperang dengan Rusia. Presiden Joe Biden langsung menghubungi lewat panggilan video selama satu jam dengan Perdana Menteri India, Narendra Modi.

“Keputusan kami terkait impor minyak dan komoditas lainnya dari Rusia tergantung pada keamanan energi di negara kami,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri India, Arindam Bagchi.

India mendapatkan untung dengan harga diskon minyak Rusia hingga 30 dollar AS per barrel atau lebih rendah dari rata-rata harga minyak dunia yang sekarang pada harga 93,2 dollar AS untuk jenis Brent. Perbandingan lainnya, impor minyak India dari Rusia rata-rata seharga 790 dollar AS per ton pada triwulan I-2022 lalu turun menjadi 740 dollar AS per ton pada triwulan II-2022.

jika China impor minyak dari Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Irak dan Oman naik menjadi 800 dollar AS per ton pada triwulan II-2022, impor minyak India dari Rusia tetap pada sekitar 700 dollar AS per ton. Analisis dari OilX yang bermarkas di Vienna mengatakan, “Angka persisnya kita tidak tahu tetapi tampaknya ada diskon harga minyak yang signifikan dari Rusia,”.

Impor minyak India dari Rusia hanya 0,2 persen dari total impor pada Maret 2022 tetapi meningkat sejak itu termasuk faktor diskon. Kini, impor minyak India dari Rusia menjadi di atas 900.000 barrel per hari, atau menjadi 18 persen pada Agustus 2022.

Reporter : Dwi Kurnia

Editor :  M Nur Habib

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini