Monday, September 26, 2022
spot_img
spot_img

Anggaran Infrastrukur 2023 Tembus Rp 392 Triliun, Buat Apa Saja?

Jakarta, Aktualiti.com – Pemerintah memutuskan memperbesar anggaran infrastruktur melalui Rancangan anggaran dan pendapatan negara (RAPBN) 2023 sebesar Rp 392 triliun.

Angka tersebut lebih besar dari rancangan anggaran infrastruktur 2022 sebesar Rp 363 triliun, atau naik sekitar 7,75 persen.

Dari Total rancangan anggaran infastruktur sebesar Rp 392 triliun, sebesar Rp 125 triliun adalah pagu anggaran Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat 2023.

Presiden Joko Widodo mengatakan anggaran infrastruktur akan diarahkan untuk mendukung penyediaan pelayanan dasar. Selain itu, harus mendukung peningkatan produktivitas melalui infrastruktur konektivitas dan mobilitas.

“Lalu diarahkan untuk menyediakan infrastruktur energi dan pangan yang terjangkau, andal dan memperhatikan aspek lingkungan, serta pemerataan infrastruktur dan akses TIK,” ujarnya saat menyampaikan Pidato RAPBN 2023 Beserta Nota Keuangannya di Kompleks DPR-MPR RI, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Menurut Jokowi, pembangunan infrastruktur dasar adalah modal penting untuk menghadapi ketidakpastian global. Oleh karena itu, pemerintah dalam delapan tahun terakhir menciptakan ekosistem pembangunan infrastruktur pembangunan yang masif.

Baca juga : Ketahanan Pangan Punya Anggaran Jumbo Rp 92,3 Triliun, Jokowi: Hasilnya Apa?

“Pembangunan infrastruktur yang masif, perbaikan kualitas sumber daya manusia, serta penyederhanaan aturan berusaha dan berinvestasi merupakan upaya-upaya kunci untuk memperkuat fondasi perekonomian nasional menghadapi tantangan masa depan,” ungkapnya.

Sementara itu Menteri PUPR menyatakan prioritas pembangunan infrastruktur 2023 adalah pembangunan jalan tol hingga bendungan. Dikutip dari Media Indonesia.

“Target prioritas pembangunan infrastruktur 2023 antara lain pembangunan jalan tol sepanjang 297 km pada 12 ruas,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam konferensi pers virtual, Selasa (16/08/2022).

Ruas tersebut di antaranya adalah Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 ((Kutanegara-Taman Mekar) sepanjang 19,4 kilometer (km). Ruas Kayuagung-Palembang-Betung seksi 2 dan 3 69,2 km, Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 3 dan 4 (Tebing Tinggi-Pematang Siantar) 58 km, Pasuruan-Probolinggo Seksi 4 (Probolinggo Timur-Gending) 8 km.

Selain jalan tol, beberapa bendungan ditargetkan rampung pad atahun 2023. Di antaranya adalah bendungan Keureuto, Rukoh (Aceh), Lau Simeme (Sumut) Karian (Banten), serta Cipanas dan Leuwikeris (Jabar).

Kemudian, Jlantah (Jateng), Sepaku Semoi (Kaltim), Pamukkulu (Sulsel), Ameroro (Sultra), Sidan (Ball), Tlu Suntuk (NTB) dan Temet (NTT). Adapun total anggaran yang diperlukan sebesar Rp10 triliun.

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini