Friday, September 30, 2022
spot_img
spot_img

Bank Indonesia Gelar Festival Rupiah, Masyarakat Bisa Tukar Uang Baru dan Beli Uang Bersambung

Jakarta, Aktualiti.com – Bank Indonesia (BI) menggelar Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2022 yang berlokasi di GOR Basket Indoor, Gelora Bung Karno, Jakarta.

Festival tersebut digelar pada 19=21 Agustus 2022 dalam rangka memberikan edukasi keuangan kepada masyarakat serta memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia.

Dilansir dari kompas.com, dalam Festival tersebut, masyarakat bisa menukarkan uang baru 2022 dan membeli uang bersambung.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warhiyo memaparkan bahwa festival ini diselenggarakan supaya masyarakat mengetahui sejarah panjang uang rupiah dari masa ke masa, menukarkan uang baru 2022, serta bentuk edukasi keuangan kepada masyarakat.

“Yuk kita berbondong-bondong ke FERBI ini menikmati bagaimana uang rupiah itu dalam perjalanan bangsa Indonesia melalui bergaia kehiatan showcasing, talkshow, hibuaran, perlombaan, hingga layanan penukaran uang kepada masyarakat,” papar Perry saat membuka acara FERBI 2022, Jumat, 19 Agustus 2022.

Adapun penukaran uang baru 2022 dalam acara teesebut dibatasi maksimal Rp1 juta, serta tidak ada syarat khusus dalam penukaran uang baru 2022 tersebut karena uang baru tersebut sama seperti uang yang beredar sebelumnya.

Sebelumnya, Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim menyampaikan bahwa di acara FERBI 2022 tersebut tidak hanya ada penukaran uang baru 2022, tetapi juga bisa membeli uang rupiah khusus (URK) uang bersambung.

“Bisa tukar (uang baru) di sana (FERBI), bahkan kita memberikan kesempatan masyarakat membeli uang rupiah khusus. Kita menjual uang rupiah uncut money atau uang tidak terpotong atau uang bersambung,” katanya saat Taklimay Media Virtual, Kamis, 18 Agustus 2022.

Sebagai Informasi, uang bersambung adalah uang kertas yang belum dipotong. BI menyediaka URK tersebut dalam bentuk dua lembar dan empat lembar untuk pecahan Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, Rp1.000.

Ia juga mengatakan bahwa pembelian URK uang bersambung itu tidak mudah karena harus melampirkan KTP asli dan hanya bisa dilakukan di kantor BI.

“Selama ini masyarakat mau belu di mana? Besok (Jumat) kita akan berikan fasilitas membeli, apakah yang 2 atau 4 lembar, kita akan jual yang seperti itu,” pungkasnya.

Reporter: Ali Ruhiyat

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini