Monday, September 26, 2022
spot_img
spot_img

Belanja di 4 Negara Bisa Pakai Scan QR, Begini Caranya

Jakarta, Aktualiti.com – Kabar bahagia bagi warga Indonesia dan empat negara lainnya. Sekarang masyarakat Indonesia jika berkunjung di empat negara seperti, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina tidak perlu menukarkan uang Rupiah lagi untuk berbelanja atau melakukan pembayaran di negara yang dikunjungi.

Hal tersebut berlaku juga bagi warga Singapura, Thailand, Malaysia, dan Filipina apabila bertandang.

Turis-turis yang bersal dari 4 negara tersebut, begitu juga warga Indonesia dapat melakukan transaksi hanya dengan men-scan barcode di merchant-merchant di negara yang dikunjungi.

Akan tetapi perlu diingat, penerapan QRIS antar negara baru bisa dilakukan di Thailand. Untuk Singapura, Malaysia dan Filipina masih dalam tahapan uji coba atau inisiasi.

Dikutip dari laman resmi Bank Indonesia (BI), sebanyak 76 penyedia jasa sistem pembayaran dari Indonesia dan Thailand sudah pada tahap uji coba dan implementasi sejak Rabu, 17 Agustus 2022.

Rencananya, pada paruh kedua tahun 2023, uji coba dan implementasi akan mulai diperluas lagi ke negara lain yaitu Singapura.
Lalu, bagaimana cara menggunakan aplikasi scan QR untuk melakukan pembayaran ketika berbelanja?

Tim Aktualiti telah merangkumnya, merujuk pada laman resmi BI ada 6 langkah cara menggunakan scan QR untuk berbelanja, antara lain:

1. Buka aplikasi pembayaran.
2. Scan QR yang disediakan.
3. Masukan nominal sesuai dengan posisi negara berbelanja, misalnya pembayaran dilakukan di Thailand, maka masukan nominal dalam Thai Bath.
4. Konfirmasi tujuan dan nominal dalam rupiah.
5. Masukkan PIN transaksi, maka transaksi akan berhasil.

Reporter: Dani Az

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini