Friday, September 30, 2022
spot_img
spot_img

Berhasil Capai Swasembada Beras, Indonesia Raih Penghargaan IRRI

Jakarta, Aktualiti.com – Pemerintah Indonesia raih penghargaan dari International Rice Research Institute (IRRI) atas keberhasilannya mencapai swasembada beras dan ketahanan pangan nasional.

Penghargaan Sistem Pertanian-Pangan Tangguh dan Swasembada Beras Tahun 2019-2021 diberikan langsung oleh Direktur Jenderal IRRI Jean Balie kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

“Kami senang berada di sini untuk merayakan capaian Indonesia dalam sektor agrikultur,” kata Direktur Jenderal IRRI, Jean Balie, saat menyerahkan penghargaan di Istana Negara, Jakarta, Minggu (14/08/2022).

Balie menyampaikan keberhasilan Indonesia ini sangat penting mengingat krisis global yang tengah terjadi saat ini. IRRI berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan Indonesia demi memperkuat ketahanan pangan nasional Indonesia.

“Pada kesempatan ini, saya ingin menyerahkan plakat kepada Presiden Jokowi sebagai bentuk pengakuan dan ucapan selamat atas keberhasilan Indonesia mencapai swasembada beras dan meningkatkan sistem ketahanan pangan nasional,” katanya.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya mengungkapkan terima kasih sebesar-besarnya bagi para petani Indonesia beserta pemerintah daerah dan Kementrian Pertanian yang telah bahu-membahu membangun ketahanan pangan Indonesia khususnya pada komoditas beras.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, utamanya kepada pelaku riil yang bekerja di sawah, para petani Indonesia, atas kerja kerasnya tentu saja, para bupati, para gubernur, Kementerian Pertanian yang semuanya bekerja sama dengan riset-riset dari universitas-universitas, perguruan tinggi yang kita miliki. Ini adalah kerja yang terintegrasi, kerja bersama-sama, kerja gotong-royong, bukan hanya milik kementerian saja,” ujar Presiden Jokowi.

Infrastruktur pertanian merupakan salah satu prioritas dalam pemerintahan Jokowi. Sejak 2015, ia telah membangun 29 bendungan. Jumlah itu ditargetkan menjadi 38 pada akhir tahun nanti.

“Sampai 2024, ditargetkan 61 bendungan, 4.500 embung, dan 1,1 juta irigasi yang telah kita bangun,” kata Jokowi dalam sambutannya setelah menerima penghargaan.

Selain itu, pemerintah telah menggalakan penggunaan bibit varietas unggul padi, intensifikasi lahan pertanian, dan ekstensifikasi lahan pertanian. Upaya tersebut mampu meningkatkan produksi padi Indonesia.

Dalam kurun waktu 2019-2021, produksi beras di tanah air mencapai angka 31,3 juta ton. Sementara itu, hasil survey cadangan beras nasional (SCBN) yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukan cadangan beras hingga Juni 2022 mencapai 9,71 juta ton.

“Peningkatan dan konsistensi inilah yang dilhat FAO, IRRI, karena jumlah itu adalah jumlah riil,” ujar Jokowi.

Editor : Mochamad Nur Habib

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini