Tuesday, October 4, 2022
spot_img
spot_img

Besok Kemendag Akan Luncurkan Minyakita, Minyak Goreng Curah Kemasan Sederhana

Jakarta, Aktualiti.com – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyampaikan Kementrian Perdagangan akan luncurkan minyak goreng curah kemasan sederhana ‘Minyakita’ pada Rabu (6/7/2022). Hal ini mampu memperluas jangkauan minyak goreng murah di masyarakat.

“Besok kami akan launching minyak goreng curah kemasan,” kata Zulkifli Hasan saat kunjungan ke Pasar Jaya Ciracas, Selasa, 5 Juli 2022.

Hadirnya Minyakita untuk masyarakat diharapkan mampu menjaga harga minyak goreng sesuai Harga Eceran Tertinggi.

Ia mengatakan harga rata-rata minyak goreng curah di Jawa-Bali-Sumatera sudah di kisaran Rp 14.000 per liter. Namun, ia mengatakan harga di Papua dan Maluku masih mahal di kisaran Rp 20.000.

“Untuk Maluku dan Papua memang ada masalah logistik. Apalagi biaya kirimnya itu tinggi. Jadi memang masalah logistik Papua dan Maluku belum bisa kami atasi,” katanya.

Sementara itu, Direktur Bahan Pokok dan Penting Kementrian Perdagangan Isy Karim menjelaskan kini sudah ada 28 produsen yang bergabung dalam program ‘Minyakita’.

Baca juga : Mendag Zulhas Yakin Harga Minyak Goreng Stabil dalam Dua Minggu ke Depan

“Yang ‘Minyakita’ itu sudah ada 28 produsen yang aktif dan diberikan izin. Kemarin ada tambahan lima lagi. Ini akan terus bertambah,” kata Isy Karim saat mendampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Peluncuran ‘Minyakita’ akan dilakukan di kantor Kemendag besok, 6 Juli 2022, sementara hanya untuk masyarakat sekitar.

“Kami juga akan mengundang pelaku usaha mikro dan tukang gorengan,” katanya.

Isy yakin produsen yang berminat memproduksi ‘Minyakita’ akan terus bertambah. Hal itu karena dorongan pemerintah yang memberikan insetif bagi produsen yang mengikuti program tersebut. Insentif diberikan atas kompensasi pemerintah karena biaya pengemasan dibebankan ke masing-masing produsen.

Namun Isy masih belum membeberkan secara detail berapa insentif yang diberikan.

“Regulasi ada, tinggal menunggu diundangkan,” ungkap Isy.

Editor : Mochamad Nur Habib

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini