Friday, September 30, 2022
spot_img
spot_img

BPH Migas Susun Peraturan Baru, Mobil Mewah Dilarang Beli Pertalite

Jakarta, Aktualiti.com– Pemerintah melalui Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) tengah menggodog peraturan baru terkait ketentuan pembelian BBM jenis Pertalite. Nantinya melalui peraturan baru ini, mobil mewah dilarang beli BBM jenis Pertalite.

Saat ini pemerintah sedang merivisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM). Dikutip dari Kompas.com.

“Kajiannya (terkait aturan pembelian Pertalite) sedang finalisasi dibantu oleh tim dari perguruan tinggi,” ujar Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Saleh Abdurrahman dikutip dari Kompas, Selasa (31/5/2022).

Ia menjelaskan, saat ini Pertalite sudah menjajdi Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP), sehingga produksi dan penyaluran menjadi diawasi pemerintah, serta dapat disubsidi melalui pemberian kompensasi ke Pertamina.

Faktanya, pemerintah sudah menetapkan kuota pertalite sebanyak 23,05 KL untuk tahun ini. Sedangkan saat ini pemerintah menjual pertalite di harga Rp 7.650 per liter atau tidak mengalami peningkatan sama sekali.

Sementara harga keekonomian pertalite menurut perhitungan pemerintah berada di kisaran Rp 12.556 per liter, dengan asumsi harga minyak mentah 100 dollar AS per barrel.

Oleh karena itu pemerintah pun menambah anggaran kompensasi energi khusus untuk Pertalite sebesar Rp 114,7 triliun. Semula pemerintah tidak menyiapkan dana kompensasi untuk Pertalite di tahun ini.

Editor : Mochamad Nur Habib

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini