Wednesday, September 28, 2022
spot_img
spot_img

BPJS Kesehatan Hapus kelas 1, 2, dan 3 Mulai 1 Juli, Apa Penggantinya?

Jakarta, Aktualiti.com – BPJS Kesehatan akan hapus kelas kepesertaan BPJS, yang semula ada kelas 1,2, dan 3 menjadi kelas standar untuk semua peserta BPJS Kesehatan. Aturan tersebut akan mulai diterapkan pada Juli 2022.

Iuran kemudian akan disesuaikan dengan besaran gaji dari masing-masing peserta.

Dilansir dari detik.com Anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) Asih Eka Putri mengatakan iuran kelas standar akan menerapkan prinsip gotong royong. Bagi peserta BPJS Kesehatan yang berpendapatan lebih tinggi akan membayar iuran lebih besar dibanding mereka yang pendapatannya lebih rendah.

“Iuran disesuaikan dengan memperhatikan keadilan dan prinsip asuransi sosial sesuai dengan besar penghasilan. Inilah gotong royong sosial yang diinginkan oleh UU SJSN (Sistem Jaminan Sosial Nasional),” kata Asih kepada detikcom, Kamis (9/6/2022).

Baca juga : Tingkatkan Sektor Ketenagakerjaan, Indonesia Perkuat Hubungan dengan Kanada

Walaupun besaran iuran akan berbeda bagi setiap anggota, nantinya fasilitas rawat inap yang didapatkan akan sama.

“Manfaat sesuai dengan kebutuhan medis bagi semua peserta,” ucapnya.

BPJS Kesehatan kini sedang menyusun formula iuran bersama dengan pihak terkait. Nantinya keputusan akan diatur dalam revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2018 tentang jaminan kesehatan.

“Saat ini sedang merancang revisi Perpres Nomor 82 Tahun 2018 dan saat ini masih menunggu izin prakarsa presiden untuk revisi Perpres Nomor 82 Tahun 2018,” tambahnya.

Bagi masyarakat yang telah menjadi anggota BPJS Kesehatan tidak bisa mundur kecuali meninggal dunia.

“Tidak bisa mundur. Masa kongko mampu, beli rokok berbungkus-bungkus bisa, bayar iuran JKN tidak mau,” tegas Asih.

Masyarakat yang merasa tidak mampu disarankan mendaftar sebagai penerima bantuan iuran (PBI). Sepanjang memenuhi ketentuan fakir miskin, maka iurannya akan dibayarkan pemerintah.

Editor : Mochamad Nur Habib

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini