Monday, September 26, 2022
spot_img
spot_img

Cek Ketersediaan Minyak Goreng, Jokowi Blusukan ke Yogyakarta

YOGYAKARTA, Aktualiti.com – Langkanya minyak goreng meresahkan masyarakat hingga presiden. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pun langsung melakukan ‘blusukan’ ke beberapa tempat di Yogyakarta, Minggu (13/03/2022).

Orang nomor satu di Indonesia ini mengawali perjalanannya pada sebuah minimarket yang berada di Pasar Kembang, Yogyakarta pada pagi hari pukul 09.05 WIB. Setibanya di minimarket tersebut ternyata stok minyak goreng kosong.

Lantas Jokowi bertanya pada penjaga minimarket. “Sejak kapan tidak ada ?” tanya Jokowi, disadur dari situs resmi Sekretariat Kabinet, Senin 14 Maret 2022.

“Baru tadi pagi pak,” jawab petugas minimarket.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga bertanya mengenai harga dan pengiriman minyak goreng di minimarket tersebut.

“Kalau yang dua literan itu 28.000, tapi kalau satu liter itu 14.000,” ucap penjaga minimarket

“Datang lagi kapan?” tanya Jokowi

“Enggak mesti pak,” jawab petugas minimarket menerangkan tidak menentunya kedatangan minyak goreng.

Selain mengunjungi minimarket, Jokowi juga mengunjungi Pasar Beringharjo dan Pasar Sentul Yogyakarta.

Mantan Walikota Solo itu juga menemukan bahwa ada berbagai macam harga yang ada di pasaran, ada yang 14.000 per liter sampai 20.000 per liter. Rata-rata pedagang tidak tahu kapan akan datangnya minyak goreng tersebut.

Setelah menemukan fakta tersebut, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menjelaskan bahwa Jokowi akan mengadakan rapat bersama jajarannya setelah acara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Selain itu, Pramono juga menyebutkan pemerintah akan meminta produsen minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) untuk memprioritaskan permintaan dalam negeri terlebih dahulu.

“Dilihat dari total produksi (CPO) kita yang hampir 50 juta, 26- 28 juta hasilnya itu diekspor, sehingga denga demikian bagian untuk ekspor diprioritaskan untuk dalam negeri.”

Presiden Joko Widodo mengatakan kelangkaan minyak goreng tidak boleh berlarut-larut. Pemerintah berkomitmen untuk segera menemukan jalan keluarnya.

Reporter : Ahmad Widyarma

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini