Friday, September 30, 2022
spot_img
spot_img

Ekonomi Kian Terpuruk, Inflasi Negara Eropa Makin Tinggi

Jakarta, Aktualiti.com – Bukannya segera menemukan titik terang, ekonomi di uni Eropa justru semakin terpuruk. Inflasi yang sudah mencapai 9,1 persen pada Agustus membuat UE berpikir keras untuk menemukan solusinya.

Mengutip dari Kompas.id, ekonomi Uni Eropa (UE) sebenarnya baru pulih dari pandemi, namun diperkirakan tidak akan balik normal sebelum 2024. Suku bunga di zona euro sudah dipatok Bank Sentral Eropa 1,25 persen dan harus perlu dinaikkan. Langkah ini untuk meredam inflasi yang sudah mencapai 9,1 persen pada Agustus.

Kenaikan suku bunga tersebut membuat ekonomi Eropa makin pelik. Akan tetapi, di sisi lain inflasi akan sulit diturunkan. Harga energi sebagai salah satu sumber inflasi masih tinggi.

Baca juga : Menkeu AS: Harga Minyak Dunia Berisiko Melambung Saat Musim Dingin di Eropa

Pasokan energi dari Rusia ke Eropa tinggal 22,5 persen dari pasokan rutin. Hal ini menyebabkan harga-harga energi bertahan tinggi, terutama gas alam yang kini mencapai 8,269 dollar AS/MMBtu.

Dalam anggaran rumah tangga di Eropa juga diprediksikan akan naik dalam kebutuhan listrik. Pada 2023, rumah tangga di Eropa akan menghabiskan 500 euro per bulan untuk kebutuhan energi. Jika Eropa menghentikan aliran gas, biaya energi bisa mencapai 600 euro. Pengeluaran ini hampir tiga kali lipat dari biaya sebelumnya pada 2021 sebesar 160 euro per bulan.

Beberapa industri di Eropa masih bertahan dalam situasi ini seperti di sektor pembuatan gula, kertas toilet, keramik dan aluminium. Namun, dalam sektor manufaktur dan industri berat yang menjadi tempat bergantungnya ekonomi Eropa turut terpukul yaitu usaha pembuatan baja, produk kimia, dan otomotif.

Baca juga : Krisis Menghantui Eropa, Biaya Impor Energi di Italia Naik Dua Kali Lipat

Sejumlah industri yang sangat intensif memakai energi seperti industri logam sedang tutup usaha dan mungkin tidak akan beroperasi lagi.

Reporter : Dwi Kurnia

Editor : M Nur Habib

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini