Thursday, September 29, 2022
spot_img
spot_img

Harga BBM Naik, Pemerintah Bisa Untung Rp 200 Triliun

Jakarta, Aktualiti.com – Pemerintah diperkirakan akan mendapatkan keuntungan hingga Rp 200 triliun dari kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), terutama dari Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) yang ada didalam struktur harga.

Mengutip dari CNBC Indonesia, pemerintah dikatakan akan melakukan penyesuaian harga BBM hari ini, Rabu (31/8/2022). Kabar yang beredar di masyarakat, pemerintah akan menaikan harga pertalite mencapai Rp 10.000 per liter dan solar menjadi Rp 8.000 per liter.

Sedangkan untuk harga solar dikabarkan akan naik dikisaran harga Rp 8.000 per liter dari harga Rp 5.150 per liter saat ini. Kenaikan harga BBM ini salah satunya dipengaruhi oleh adanya kenaikan harga minyak dunia.

Baca juga : Simalakama BBM Subsidi: Mahal Rakyat Teriak, Murah APBN Membengkak

Menurut Kepala Ekonomi Bahan Sekuritas Satria Sambijantoro, pemerintah bisa mendapatkan pemasukan sekitar Rp 140 triliun dari penerimaan PPN dan PBBKB dari kenaikan harga pertalite dengan asumsi perhitungan sebesar Rp 10.500 per liter. Apabila digabungkan dengan kenaikan harga solar, maka pemerintah diperkirakan bisa mengantongi keuntungan sebesar Rp 200 triliun.

“Bayangkan kalau asumsi saya BBM naik hingga Rp 10.500 pertalite, savingnya bisa Rp 140 triliun sendiri. Kalau sama solar Rp 200 triliun”, ujar Satria, Selasa (30/8/2022).

Jika dikaji lebih dalam, struktur harga BBM memang memuat PPN, PBBKB, serta biaya distribusi lainnya. Komponen ini nantinya akan ditambahkan ke dalam harga dasar, sebelum ditambah dengan margin, biaya penyimpanan dan biaya produksi penyulingan dan lain-lain.

Baca juga : Sri Mulyani: Jika Harga BBM Tidak Naik, Mau Tambah Anggaran dari Mana?

Sebagai tambahan, per April 2022 pemerintah menaikan tarif PPN menjadi 11%, kenaikan ini sesuai dengan amanat Pasal 7 ayat 1 UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP).

Reporter: M. Asnawi Kholil

Editor : M Nur Habib

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini