Saturday, October 1, 2022
spot_img
spot_img

HET Minyak Goreng Dicabut, Masih Tetap Langka?

JAKARTA, Aktualiti.com – Pada Selasa, 15 Maret 2022 pemerintah melalui rapat internal terbatas yang dipimpin langsung  Presiden Joko Widodo, menetapkan bahwa Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng dihapuskan. Keputusan ini diambil seiring terjadinya kelangkaan komoditas pangan tersebut di lapangan. Harga kemudian akan mengikuti mekanisme pasar yang ada. Namun, di beberapa tempat ternyata minyak goreng masih saja susah ditemukan.

Mengutip Katadata, beberapa retail di Jakarta masih nihil stok minyak goreng. Di retail Kebayoran Jakarta Pusat, stok minyak goreng masih kosong. Petugas mengatakan bahwa minyak goreng terakhir di stok kembali pada hari Selasa (15/3) sore. Kemungkinan akan di stok kembali pada hari Kamis (17/3).

Di lain tempat, tepatnya di retail area cawang, Jakarta Timur pun masih nihil akan pasokan minyak goreng. Petugas toko mengatakan stok minyak goreng tersedia pada hari Rabu (15/3), tapi langsung ludes diborong pembeli.

Mengutip Kompas.com, bahkan salah satu pedagang di Pasar Jatinegara mengaku terakhir stok minyak goreng ada pada tanggal 10 Maret 2022. “Minyak goreng kemasan enggak ada, kososng, susah. Itu minyak yang kemasan. Kalau saya enggak jual curah. Terakhir barang itu datang tanggal 22 Maret (2022).”

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi menyebutkan alasan Harga Eceran Tertinggi tidak lagi diatur oleh pemerintah. “Pertimbangannya karena disparitas antara harga minyak goreng akibat HET dan migor di pasar internasional,” ujar Arief saat pendistribusian minyak goreng curah oleh BUMN Pangan di Pasar Kramat Jati Rabu (16/3).

Arief menggambarkan harga minyak goreng kemasan premium di Malaysia kini mencapai Rp 22.000 per liter, sedangkan di dalam negeri hanya Rp 14.000 per liter. Selisih harga antara pasar internasional dan pasar domestik itulah yang dianggap membuat pasokan langka. Dia menduga ada yang bermain untuk membatasi ketersediaan minyak goreng di pasar agar mendapatkan untung lebih

Melalui official akun instagramnya, Presiden Joko Widodo mengatakan “Pemerintah juga terus memperhatikan dengan sungguh-sungguh ketersediaan dan distribusi minyak goreng di pasaran.”

Reporter : Ahmad Widyarma

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini