Friday, September 30, 2022
spot_img
spot_img

Indonesia Jalin Kerjasama Industri Militer dengan Bosnia

Jakarta, Aktualiti.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan kedatangan tamu Menteri Luar Negeri Bosnia Herzegovina, Dr. Bisera Turkovic. Dalam pertemuan tersebut, Dr. Bisera ingin bekerja sama dalam industri strategis militer, terutama dalam produk amunisi.

“Saya dan Dr. Bisera juga menakar sektor-sektor mana yang potensial untuk kami eksplorasi. Sebagai mantan prajurit militer, saya senang ketika mendengar dari beliau bahwa kedua negara sahabat ini berkomitmen untuk menindaklanjuti usulan kerja sama industri strategis, khususnya dalam pertukaran keahlian militer dalam produksi amunisi,” kata Luhut dalam Instagram-nya @luhut.pandjaitan pada Sabtu (11/6/2022).

Luhut menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Bosnia Herzegovina di kediamannya pada Jumat sore, (10/06/2022), ketika Bisera Turkovic berkunjung ke Jakarta membahas hubungan bilateral dengan Indonesia.

Baca juga : Luhut dan Ganjar Sepakat Tunda Kenaikan Tarif Tiket Masuk Candi Borobudur

Luhut selaku mantan prajurit mengaku senang mendengar komitmen Menlu Bisera akan menindaklanjuti usulan kerja sama di industri militer dan kerja sama di bidang lain.

Luhut mengatakan, mereka berdua membahas peluang investasi dan perdagangan bagi kedua negara di sektor pertahanan, pertanian, dan lain-lain.

“Setelah mengalami masa peperangan yang begitu sulit selama kurang lebih 3 tahun lamanya, saya melihat Bosnia dan Herzegovina sudah semakin maju. Karena itulah hari ini saya dan Dr. Bisera berdiskusi membahas peluang investasi dan perdagangan kedua negara di sektor pertahanan, dan pertanian, dan lain-lain,” katanya.

Luhut menjelaskan bahwa iklim investasi di Indonesia semakin baik, terbukti dengan banyaknya negara maju yang saat ini tertarik berinvestasi dan menanamkan modalnya di Indonesia.

Baca juga : Luhut: Aplikasi PeduliLindungi Bisa Tangani Masalah Minyak Goreng

Selain itu, keduanya juga bediskusi mengenai stabilitas kawasan di eropa saat ini.

“Dari diskusi kami sore ini, saya berpendapat Dr. Bisera bisa menjadi sahabat yang dapat memberikan masukan strategis mengenai kawasan Eropa tenggara, mengingat bahwa Bosnia dan Herzegovina dengan Indonesia punya kesamaan, yaitu sama-sama negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam,” paparnya.

Sebelum berpamitan, Menlu Bisera menyampaikan bahwa Indonesia akan selalu menjadi mitra kunci bagi Bosnia dan Herzegovina, bukan hanya dalam bidang politik dan sosial budaya, namun juga dalam sektor ekonomi.

Editor : Mochamad Nur Habib

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini