Thursday, September 29, 2022
spot_img
spot_img

Ini Rincian THR & Gaji ASN ke-13 2022, Sri Mulyani: Lebih Besar dari Tahun Lalu

Jakarta, Aktualiti.com- Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pembayaran tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 bagi ASN, TNI-Polri, dan pensiunan pada 2022 akan lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya

Hal ini dipicu dengan pulihnya perekonomian pasca Pandemi Covid-19 serta naiknya harga barang-barang pokok akibat konflik Rusia-Ukraina.

“Kebijakan THR dan gaji ke-13 kembali dilakukan penyesuaian berdasarkan situasi masyarkat yang dihadapi. Kedua, kondisi dari APBN sendiri dan tentu dalam rangka untuk bisa memberikan dukungan kepada seluruh aparatur negara, TNI, Polri, dan pensiunan,” ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers pada Sabtu (16/4/2022).

Pemberian tunjangan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2022. Sesuai dengan peraturan yang ada, total THR yang akan diterima oleh ASN adalah gaji atau pensiunan pokok dan tunjangan pokok yang melekat pada gaji pokok.

Tunjangan yang diterima diantaranya adalah tunjangan pangan, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan struktural atau fungsional. Selain itu pemerintah masih menambahkan 50 persen tunjangan minerja per bulan bagi yang mendapatkan tunjangan kinerja.

“Untuk instansi pemerintah daerah, paling banyak 50 persen tambahan penghasilan diberikan dengan memperhatikan kemampuan kapasitas fiskal daerah masing-masing dan diatur sesuai peraturan perundang-undangan,” ujar Sri Mulyani.

“Dua tahun sebelumnya, pemerintah melakukan efisiensi untuk pemberian THR dan gaji ke-13. Pada 2020, misalnya, THR dan gaji ke-13 hanya dicairkan kepada pegawai di bawah eselon II dan pensiunan. Komponen besarannya pun hanya terdiri atas gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan yang melekat,” lanjut Sri Mulyani.

Hal tersebut dilakukan lantaran pemerintah memfokuskan dana APBN untuk penanganan pandemi Covid-19. Pada tahun 2021, pemerintah sudah memberikan THR dan gaji ke-13 kepada semua PNS, namun besarannya sama dengan tahun 2020.

Reporter : Ahmad Widyarma

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini