Monday, September 26, 2022
spot_img
spot_img

Jaga Subsidi Energi di Angka Rp 502 Triliun, Menteri ESDM: Kalau Bisa Hemat Kenapa Boros?

Jakarta, Aktualiti.com – Menteri ESDM Arifin Tasrif mengungkapkan kini pemerintah tengah menjaga angka subsidi energi di angka Rp 502 triliun. Hal ini agar tidak memberikan tekanan kepada APBN.

“Pemerintah pertahankan subsidi energi Rp500 triliun. Kalau itu bisa dihemat, kenapa mesti diboroskan,” ujarnya dalam konferensi pers di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat 26 Agustus 2022 dikutip dari Antara.

Berbagai skema telah disiapkan demi menjaga nilai subsidi, seperti pembatasan pembelian bahan bakar minyak bersubsidi, penyaluran subsidi langsung pada masyarakat tak mampu, hingga wacana kenaikan harga BBM yaitu Pertalite dan Solar.

Salah satu skema di atas harus diambil pemerintah jika tak maau anggaran subsidi membengkak. Ditaksir jika masih terus seperti ini, anggaran subsidi bisa mencapapi Rp 690 triliun.

Baca juga : Sri Mulyani: Jika Harga BBM Tidak Naik, Mau Tambah Anggaran dari Mana?

Hal tersebut lantaran harga keekonomian BBM jenis Pertalite di angka Rp 17.200 per liter, sedangkan di Indonesia dijual dengan harga hanya Rp 7.650 per liter.

Sementara itu Solar memiliki harga keekonomian di angka Rp 17.600 per liter, sedangkan harga solar di Indonesia dijual kisaran Rp 5.150 per liter. Adapun harga keekonomian Pertamax adalah sebesar Rp19.900 per liter, sedangkan harga jual saat ini hanya sebesar Rp12.500 per liter.

Indonesia sendiri setiap harinya harus mengimpor 600 sampai 700 ribu barel. Padahal saat ini harga minyak mentah berada di angka 9d dolar per barel. Jika dihitung, anggaran yang dikeluarkan pemerintah per harinya untuk membeli BBM dari luar negeri sekitar 65 juta USD.

Menteri Arifin mengungkapkan perihal keputusan kenaikan harga BBM tidak akan diumumkan minggu ini. Pemerintah masih mengkaji ulang dampaknya bagi ekonomi dan kehidupan sosial masyarakat di Indonesia.

“(Keputusan menaikkan BBM) belum minggu ini…, biar tenang dulu semuanya,” pungkas Arifin.

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini