Friday, September 30, 2022
spot_img
spot_img

Jokowi: Indonesia Juga Hentikan Ekspor Bauksit Selain Nikel

Batang, Aktualiti.com- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan meneruskan laranga ekspor mineral mentah dan akan mengolahnya dalam negeri. Setelah pelarangan ekspor nikel, kini bauksit juga akan berhenti diekspor.

“Keinginan kita sejak lama kenapa kita stop nikel adalah kesitu dan nanti akan dilanjutkan dengan stop ekspor bahan mentah bauksit hingga kita bisa memproduksi barang jadi yang berasal dari aluminium,” ujar Jokowi.

Hal itu ia sampaikan, meresmikan pembangunan tahap kedua industri baterai listrik di Batang, Jawa Tengah, Rabu (8/6/2022). Di mana total investasi dari pembangunan tersebut mencapai USD 9,8 miliar atau Rp 142 triliun.

Baca juga : Tinjau Industri Baterai Listrik Terintegrasi di Batang, Jokowi: Saya Senang!

Potensi mineral yang ada di Indonesia diharapkan mampu diolah dan diberdayakan dengan maksimal oleh bangsa Indonesia.

“Sebagai negara dengan cadangan nikel terbesar di dunia, Indonesia kita harap akan menjadi produsen utama produk-produk, barang-barang berbasis nikel. Keinginan kita sejak lama kenapa kita stop nikel adalah kesitu,” ucap Jokowi.

Proyek ini dikerjakan sejumlah BUMN dalam Indonesia Battery Coorporation (IBC) yaitu PLN, Pertamina, dan MIND ID, bersama Konsorsium LG dari Korea Selatan. Tak hanya investasi yang besar, proyek ini juga menyerap 20 ribu tenaga kerja.

Pelarangan ekspor ini juga mejadi kesempatan emas Indonesia untuk membangun ekonomi hijau.

“Seperti yang kita rencanakan saya minta seluruh jajaran pemerintah pusat dan daerah terus memberikan dukungan penuh terhadap proyek ini agar segera realisasi dan manfaat investasi ini negara akan mendapatkan pendapatan tambahan dari investasi ini,” jelas Presiden

Editor : Mochamad Nur Habib

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini