Monday, September 26, 2022
spot_img
spot_img

Jokowi Teken PP Baru, Komisaris Wajib Tanggung Jawab Jika BUMN Rugi

Jakarta, Aktualiti.com – Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) meminta Komisaris Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bertanggungjawab penuh jika BUMN yang dikelolanya merugi.

Hal tersebut tertuang pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2022 yang baru saja ditandatangani oleh Presiden Jokowi dan diundangkan pada waktu yang sama oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yassona Laoly pada Rabu (8/6/2022).

Kewajiban tanggung jawab itu tertuang pada Pasal 59 Ayat 1 yang berbunyi “Komisaris dan Dewan Pengawas wajib dengan itikad baik dan penuh tanggung jawab menjalankan tugas untuk kepentingan dan usaha BUMN”.

Baca juga : Teken PP Baru, Jokowi Larang Direksi BUMN Jadi Pengurus Parpol Hingga Cakada

Kemudian dijabarkan pada Pasal 59 Ayat 2 “Komisaris dan Dewan Pengawas bertanggung jawab penuh secara pribadi atas kerugian BUMN apabila yang bersangkutan bersalah atau lalai menjalankan tugasnya sesuai dengan ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1)”

Namun Komisaris dan Dewan Pengawas tidak dapat dipertanggungiawabkan atas kerugian BUMN yang dikelolanya sebagaimana tertuang pada Pasal 59 Ayat 2a.

Apabila Komisaris dan Dewan Pengawas telah melakukan pengawasan itikad baik dan kehati-hatian untuk kepentingan BUMN. Selain itu, Komisaris dan Dewan Pengawas tidak mempunyai kepentingan pribadi baik langsung maupun tidak langsung atas tindakan Pengurusan Direksi yang mengakibatkan kerugian sekaligus telah memberikan nasihat kepada Direksi untuk mencegah timbul atau berlanjutnya kerugian tersebut.

Perlu diketahui PP Nomor 23 Tahun 2022 merupakan PP Perubahan Atas PP Nomor 45 Tahun 2005 Tentang Pendirian, Pengurusan, Pengawasan, dan Pembubaran BUMN.

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini