Tuesday, October 4, 2022
spot_img
spot_img

Selain Tambahan Tukin 50 Persen, PNS Juga Bakal Dapat THR & Gaji ke-13

Jakarta, Aktualiti.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pencairan tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 bagi pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) dicairkan.

Kepastian mengenai pencairan THR dan gaji ke 13 ini berlaku bagi seluruh ASN, TNI, dan POLRI, serta ASN di daerah, pensiunan, penerima pensiun dan pejabat negara.

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi pada pidato resminya yang disiarkan melalui laman Youtube Sekretariat Presiden, pada Kamis (14/04/22).

Tak hanya THR, PNS juga akan mendapatkan gaji ke-13 dan tambahan tunjangan kinerja (tukin) sebesar 50 persen. Tunjangan diberikan kepada ASN, TNI, Polri yang masih aktif dan memiliki tunjangan kinerja.

Dilansir dari laman Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi mengatakan, “Pada 13 April 2022 saya telah menandatangani peraturan pemerintah tentang pemberian THR dan gaji ke-13 untuk seluruh ASN, TNI, Polri, ASN daerah, pensiunan, penerima pensiun, dan pejabat negara, serta tambahan tunjangan kinerja 50 persen untuk ASN, TNI, dan Polri aktif yang memiliki tunjangan kinerja.”

THR tahun 2022 ini memang sangat ditunggu oleh para ASN, TNI, Polri menjelang hari raya lebaran. Sebab tahun lalu, besaran THR dan gaji ke 13 diberikan sesuai besaran gaji pokok dan tunjangan melekat, tanpa tunjangan kinerja.

Kini Presiden Jokowi telah meneken aturan terkait THR dan gaji ke 13 PNS tahun 2022, yang memuat ketentuan mengenai tambahan tukin sebesar 50 persen.

“Kebijakan ini merupakan wujud penghargaan atas kontribusi aparat pusat dan aparat daerah dalam menangani pandemi Covid-19, serta diharapkan menambah daya beli masyarakat dan membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional,” jelas Jokowi.

Pada pidato Presiden menyebutkan mengenai aturan pencairan THR dan gaji ke-13 akan diatur oleh instansi terkait.

“Ketentuan lebih lanjut mengenai teknis pemberian THR dan gaji ke-13 ini, akan diatur dengan Peraturan Menteri Keuangan untuk yang bersumber dari APBN dan Peraturan Kepala Daerah untuk yang bersumber pada APBD,” terang Jokowi.

Reporter : Muhammad Amin

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini