Wednesday, September 28, 2022
spot_img
spot_img

Ketahanan Pangan Punya Anggaran Jumbo Rp 92,3 Triliun, Jokowi: Hasilnya Apa?

Jakarta, Aktualiti.com – Presiden Joko Widodo mempertanyakan hasil anggaran jumbo untuk ketahanan pangan sebesar Rp 92,3 triliun. Presiden menilai dengan anggaran sebesar itu hasilnya harus konkret.

“Gede banget lo ini, hasilnya apa setiap tahun? Konkret apa? Harus jelas. Kalau enggak, Rp 92 triliun kita pakai saja belikan beras untuk stok aja, ya kan?,” kata Jokowi dalam Sidang Kabinet Terbatas, Senin (20/06/2022).

Lebih detail, Jokowi menjelaskan alokasi anggaran tersebut. Sebesar Rp 36,6 triliun dianggarkan untuk kementerian/lembaga (K/L). Rinciannya Kementerian Pertanian Rp 14,5 triliun, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Rp 6,1 triliun, Kementerian PUPR Rp 15,5 triliun, dan K/L lainnya Rp 600 miliar.

Baca juga : Anggaran Subsidi Energi Rp 502 Triliun, Jokowi: Bisa Bangun Ibu Kota Baru

Lalu sisanya digunakan untuk subsidi pupuk Rp 25,3 triliun, belanja cadangan beras Rp 3 triliun, belanja stabilitas harga pangan Rp 2,6 triliun. Lalu, belanja cadangan subsidi pupuk Rp 2,9 triliun dan Rp 21,9 triliun ditransfer ke daerah dalam bentuk dana alokasi khusus (DAK).

Dengan alokasi sebesar itu, Jokowi menegaskan agar hasil yang ada harus sejalan dengan anggaran yang digelontorkan.

“Ini gede-gede sekali, ini harus jelas larinya ke mana, manfaatnya apa. Sekali lagi kita dalam suasana dunia yang sedang tidak pasti dan tidak baik,” ujar Jokowi.

Kemudian Jokowi meminta secara khusus kepada Menteri PUPR agar segera menyelesaikan proyek yang mendukung ketahanan pangan. Misalnya bendungan, tahun ini penyelesaian diminta ditambah lagi 9 bendungan. Embung dan irigasi juga diminta diperbanyak di setiap daerah.

Editor : Mochamad Nur Habib

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini