Monday, September 26, 2022
spot_img
spot_img

Krisis Pangan Ancam Dunia, Jokowi Perbanyak Alternatif Pengganti Beras

Jakarta, Aktualiti.com – Presiden Jokowi segera melakukan langkah antisipasi krisis pangan dengan menghadirkan bahan alternatif pengganti beras. Hal ini disampaikan dalam uji coba tanam sorgum di Sumba pada Kamis, 2 Juni 2022.

“Dalam rangka peringatan yang diberikan oleh FAO, peringatan juga diberikan oleh PBB, bahwa dunia sekarang ini dan yang akan datang akan mengalami krisis pangan,” jelas Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden.

Baca Juga : Sekjen MUI Sebut Indonesia Bisa “Oleng” Jika Tak Ada Pancasila

Oleh sebab itu, dalam menghadapi ancaman ini, dia mengatakan Indonesia harus memiliki alternatif besar. Salah satunya diversifikasi bahan pangan agar tidak hanya bergantung pada beras.

“Karena kita memiliki jagung, memiliki sagu, dan juga sebetulnya tanaman lama kita, yaitu sorgum,” ujar Jokowi.

Jokowi meyakini budidaya sorgum mempunyai potensi bagus untuk ekonomi Indonesia.

“Secara keekonomian juga masuk, bisa merekrut banyak sekali SDM tenaga kerja kita, dan hasilnya per hektar, per tahun bisa bersih kurang lebih lima puluhan juta,” ucap Jokowi.

Di samping itu, dia juga meyakini hal ini akan mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap impor pangan seperti gandum. Apalagi, sorgum ini tumbuh dengan cukup baik dan subur di Sumba Timur, NTT.

“Sehingga kita tidak tergantung sekali dengan pada yang namanya gandum atau tidak tergantung sekali pada yang namanya jagung dari import,” lanjutnya.

Sebagai catatan, Presiden Jokowi akan menyampaikan hasil uji coba tanam sorgum di Sumba. Dia berharap hal ini dapat menjadi alternatif pangan dalam menghadapi krisis pangan dunia.

“Kita ingin setelah dari uji coba ini, ketika sudah ketemu kendalanya, apa kita akan perbesar tanaman sorgum di NTT dengan harapan kita memiliki alternatif pangan dalam rangka menghadapi krisis pangan dunia. Kalau berlebih ada stok, tidak apa-apa, justru itu yang ingin kita ekspor dan akan menghasilkan devisa bagi negara,” paparnya.

Oleh karenanya, Jokowi memerintahkan para Gubernur dan Bupati agar dapat memastikan luas lahan yang bisa digunakan dalam diversifikasi Sorgum ini.

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini