Friday, September 30, 2022
spot_img
spot_img

Lima Strategi Perencanaan Keuangan bagi Milenial dan Gen Z

Jakarta, Aktualiti.com – Sebagai generasi milenial maupun generasi gen z kalian perlu menerapkan perencanaan keuangan yang tepat untuk masa depan. Perencanaan ini penting bagi kalian agar menjalani gaya hidup hemat dan cerdas.

Menurut riset dari OCBC NISP dan NielsenIQ pada tahun 2021 menunjukkan Fitness Financial Index generasi muda berada di angka 85,6 persen. Jumlah ini dinilai tampak ‘kurang sehat’ secara finansial.

Dari hasil riset yang sama disebutkan hanya 14,3 persen anak muda di Indonesia yang berusaha menggapai ‘sehat’ finansial. Kondisi ini menunjukkan perencanaan finansial anak muda di Indonesia masih kurang dan perlu diperbaiki.

Baca juga : Tips Memilih Produk Investasi yang Aman Langsung dari OJK

Aktualiti telah merangkum lima strategi perencanaan keuangan wajib bagi para milenial dan Gen Z.

1. Financial check up

Pemeriksaan keuangan perlu dilakukan untuk mengevaluasi pemasukan dan pengeluaran selama 3 bulan kebelakang.

2. Hitung kebutuhan pokok

Kalian harus mengetahui total kebutuhan pokok perbulan,seperti kebutuhan untuk makan, kos, paket internet, dll.

3. Hindari hutang dan hidup boros

Hutang biasanya menjadi masalah bagi anak muda untuk memenuhi gaya hidup. Oleh karena itu mulai sekarang kalian harus bisa mengurangi gaya hidup yang berlebihan dan menerapkan hidup cerdas. Apabila kalian memiliki hutang, maka prioritaskan terlebih dahulu untuk melunasi hutang tersebut.

4. Membuat skala prioritas keuangan

Kalian harus membuat skala prioritas keungan untuk mengatur keuangan kalian. Tipsnya kalian bisa menerapkan rumus 50-30-10-10 dalam perencanaan keuangan. Dimana 50 persen untuk anggaran kebutuhan pokok, 30 persen untuk investasi, 10 persen untuk keperluan sosial, dan 10 persen terakhir untuk biaya tak terduga.

Baca juga : Tips Kelola Keuangan Agar Tak Boros Saat Bulan Ramadhan

5. Melakukan investasi

Investasi perlu dilakukan karena sebagai salah satu persiapan kalian dimasa depan. Dengan melakukan investasi kalian akan punya dana untuk memenuhi kebutuhan dimasa depan. Terdapat beberapa pilihan investasi yaitu deposito, emas, properti, reksadana, maupun saham.

Reporter: M. Asnawi Cholil

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini