Thursday, September 29, 2022
spot_img
spot_img

Menkop UKM : Komoditas Kratom Berpotensi Besar bagi Ekonomi Masyarakat

Jakarta, Aktualiti.com – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menuturkan komoditas kratom berpotensi besar bagi perekonomian masyarakat Indonesia. Teten meyakini kratom aman bagi kesehatan.

“Masih banyak orang yang khawatir terhadap kratom, tapi hari ini saya terima kasih mendapatkan input bahwa ternyata kratom aman bagi kesehatan dan ini didukung dengan riset saintifik dan punya nilai ekonomi yang cukup tinggi,” ujar Teten dalam diskusi dengan Kamar Dagang, Asosiasi Kratom Amerika, ahli Riset, senator dan Representative (DPR) USA dengan tema “Urgensi Keberlangsungan Perdagangan Kratom” di Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Sebelumnya kratom memang diisukan dalam golongan I narkotika. Teten menegaskan akan terus mendiskusikan hal itu dengan Kementrian Perdagangan, Kementrian Kesehatan, dan Badan Narkotika Nasional agar pemerintah tak ragu lagi untuk memberdayakan dan memaksimalkan potensi komoditas satu ini.

Baca juga : Keluar dari Ketergantungan Gandum, Jokowi Ingin Buat Roadmap Industri Sorgum

“Saya optimistis Indonesia bisa terus memproduksi kratom dan bisa terus melanjutkan perdagangan dengan Amerika Serikat,” ujar Teten.

Teten melanjutkan, Amerika Serikat merupakan negara yang memiliki permintaan yang tinggi pada komoditas Kratom. Tercatat ada 16 juta orang membutuhkan kratom untuk menyelesaikan masalah kesehatan. Fakta ini memberikan angin segar bagi Indonesia untuk mengekspor kratom dan meningkatkan perekonomian petani-petani kecil.

“Dalam regulasi, saat ini kratom bukan produk yang dilarang, jadi bisa dibudidaya dan diperdagangkan. Dan juga tidak dilarang untuk ekspor baik dalam bentuk kratom powder atau kratom ekstrak,” kata Teten.

Reporter : Ahmad widyarma

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini