Tuesday, October 4, 2022
spot_img
spot_img

Pemerintah Bersama BI Resmikan Kartu Kredit Pemerintah, Apa Itu?

Jakarta, Aktualiti.com – Pemerintah bersama Bank Indonesia (BI) resmi meluncurkan Kartu Kredit Pemerintah (KKP). KKP ini bisa digunakan instansi pemerintah di pusat ataupun di daerah untuk belanja barang dan jasa dengan skema kartu kredit yang prosesnya dilakukan secara domestik.

“Sebentar lagi KKP domestik ini akan dapat memfasilitasi pembelian barang dan jasa pemerintah, baik pusat maupun daerah dengan skema pembayaran kartu kredit pemerintah yang pemrosesannya dilakukan secara domestik,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo acara Launching Kartu Kredit Pemerintah dan QRIS Antarnegara, Senin (29/08/2022).

Pembayaran KKP nantinya akan didukung penuh oleh QR Indonesia Standard (QRIS).

Baca juga : Pemerintah dan Bank Indonesia Luncurkan Uang Kertas Rupiah Tahun Emisi 2022

Perry mengungkapkan tahap awal penerapan KKP domestik ini akan terhubung dengan sistem QRIS. Saat ini sudah ada 20,3 juta merchant lokal yang sudah ada dalam sistem QR ini. Sekitar 90 persen dari merchatn yang terdaftar adalah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Mengutip laman resmi Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan, KKP merupakan alat pembayaran dengan menggunakan kartu yang dapat digunakan untuk pembayaran atas belanja dalam APBN.

Kewajiban pembayaran pemegang kartu dipenuhi terlebih dahulu oleh bank penerbit KKP, dan satuan kerja berkewajiban melakukan pelunasan kewajiban pembayaran pada waktu yang disepakati dengan pelunasan secara sekaligus.

Peresmian KKP sendiri adalah implementasi dari Inpres 2 Tahun 2022 yang berisi instruksi Presiden agar mendorong transaksi pemerintahan dilakukan secara nontunai. Selain itu, penerbitan KKP ini juga untuk mendorong penggunaan produk dalam negeri yang lebih masif.

Dalam pelaksanaannya, Perry menyampaikan ada empat bank BUMN atau himbara yang telah ditunjuk sebagai bank penerbit KKP. Khususnya untuk Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Baca juga : Resmikan FEKDI, Gubernur BI: Ekonomi Digital Pilar Kemajuan Indonesia

Peluncuran KKP dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Adapun penerbitan KKP Domestik tersebut di bawah koordinasi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

“Peluncuran KKP Domestik ini merupakan suatu langkah maju dari bangsa kita untuk meningkatkan layanan dalam belanja pemerintah. Ini adalah bagian dari aksi afirmasi belanja pemerintah dalam semangat Gerakan Bangga Buatan Indonesia,” kata Luhut saat peluncuran KKP.

Luhut juga menyebut bahwa adanya KKP ini akan sangat membantu UMKM dalam menumbuhkan usahanya lebih cepat lagi.

“Melalui KKP domestik ini diharapkan akan membantu percepatan pembayaran ke UMKM,” katanya

Reporter : Ahmad widyarma

Editor : M Nur Habib

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini