Friday, October 7, 2022
spot_img
spot_img

Pemerintah dan Bank Indonesia Luncurkan Uang Kertas Rupiah Tahun Emisi 2022

Jakarta, Aktualiti.com – Pemerintah dan Bank Indonesia meluncurkan tujuh pecahan uang Kertas Rupiah Tahun Emisi 2022 (Uang TE 2022) pada hari Kamis, 18 Agustus 2022.

Uang TE 2022 tersebut secara resmi berlaku, dikeluarkan, dan diedarkan di wilayah Negara Kesatuan Negara Republik Indonesia (NKRI) bertepatan dengan HUT-&& Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2022.

Dilansir dari situs resmi kemenkeu.go.id, dalam kesempatan tersebut, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa dalam setiap lembaran rupiah, terdapat berbagai cerita dan narasi kebangsaan.

“Di dalam setiap lembaran rupihan terdapat berbagai cerita dan narasi mengenai kebangsaan dan bangsa Indonesia,” kata Menkeu dalam keterangan singkatnya.

Menkeu juga menjelaskan bahwa awal mula rupiah disahkan oleh Wakil Presiden Muhammad Hatta pada tanggal 30 Oktober 1946, yaitu ORI atau Uang Rupiah Republik Indonesia.

Selain itu, Menkeu memaparkan bahwa rupiah adalah satu-satunya mata uang yang sah di wilayah Indonesia.

“Rupiah adalah satu-satunya alat pembayaran yang sah di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sudah selayaknya rupiah sebagai alat pembayaran yang sah harus dihormati dan dibanggakan oleh kita semua. Bersama rupiah kita bangkit untuk lebih kuat menuju Indonesia Maju,” jelas Menkeu.

Sebagai informasi, Peluncuran dan pengedaran Uang TE 2022 tersebut merupakan salah satu pelaksanaan amanat UU Mata uang sebagai bagian dari perencanaan pemenuhan kebutuhan masyarakat tahun 2022.

Disamping itu, pengeluaran Uang TE 2022 tersebut tidak memiliki dampak pencabutan dan/atau penarikan Uang Rupiah yang telah dikeluarkan sebelumnya.

Keterangan resmi kemenkeu.go.id juga menjelaskan tata acara penukaran Uang TE 2022 yaitu melalui perbankan atau kas keliling yang disediakan Bank Indonesia.

Adapun penukaran melalui kas keliling dilakukan melalui aplikasi PINTAR, bisa diakses melalui https://pintar.bi.go.id/ dan sudah mulai bisa diakses pada tanggal 18 Agustus 2022.*

Reporter: Ali Ruhiyat

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini