Monday, September 26, 2022
spot_img
spot_img

Selain di Thailand, Beli Apa Saja di Singapura Tidak Perlu Tukar Rupiah Mulai 2023

Jakarta, Aktualiti.com – Lagi-lagi ada kabar bahagia bagi warga Indonesia yang bertandang ke Singapura

Pasalnya, Bank Indonesia (BI) dan Monetary Authority of Singapore (MAS) pada Senin, 29 Agustus 2022 telah menandatangani Nota Kesepahaman untuk mendorong penggunaan mata uang lokal dalam transaksi bilateral kedua negara, seperti transaksi perdagangan dan investasi langsung.

Artinya, ketika warga Indonesia berwisata atau bertandang ke Singapura tidak perlu lagi menukarkan uang untuk berbelanja, begitupula sebaliknya.

Dikutip dari laman resmi Bank Indonesia, kerja sama tersebut rencananya akan realisasikan pada paruh kedua tahun 2023.

Gubernur BI Perry Warjiyo, menyampaikan, “Inisiatif untuk mendorong digitalisasi pembayaran dan pembayaran lintas negara merupakan agenda prioritas dalam pembahasan Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 dan Pertemuan Gubernur Bank Sentral ASEAN pada April 2022,” ujarnya dalam kesempatan penandatanganan nota kesepahaman dengan MAS.

Gubernur BI menjelaskan bahwa Hal ini sejalan dengan upaya bersama di kawasan ASEAN dalam rangka mewujudkan integrasi keuangan di kawasan melalui inisiatif yang dapat memfasilitasi penggunaan mata uang lokal yang lebih luas dalam proses penyelesaian transaksi perdagangan dan investasi intra-ASEAN.

Sebagaimana diketahui, kerja sama di atas merupakan bagian dari kerja sama bank sentral di lima negara di ASEAN tersebut bekerja sama membentuk Konektifitas Pembayaran di ASEAN (ASEAN Payment Connectivity).

Kelima negara tersebut antara lain, Indonesia melalui Bank Indonesia (BI), Singapura melalui Monatery Authority of Singapore (MAS), Malaysia melalui Bank Negara Malaysia (BNM), Thailand melalui Bank of Thailand (BOT), dan Filipina melalui Banko Sentral ng Pilipinas (BSP).

Indonesia dengan Thailand sudah di tahap uci coba, Indonesia dengan Singapura tahun 2023 terealisasi. Menurut info, keja sama ini akan dilanjutkan ke negara ASEAN lainnya.

Reporter: Dani Azkiyak

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini