Friday, September 30, 2022
spot_img
spot_img

Separuh Pengguna Ojek Online Beralih ke Kendaraan Pribadi akibat Tarif Naik

Jakarta, Aktualiti.com – Kenaikan tarif ojek online yang diterapkan mulai Minggu (11/9/22) menuai dampak khususnya pengguna ojek online yang hampir 50 persen beralih ke kendaraan pribadi.

Dua penyedia aplikasi layanan transportasi online yakni Gojek dan Grab, mulai menyesuaikan tarif layanannya baik pengantaran penumpang maupun barang pada Minggu (11/9/22).

Ketentuan ini berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 667 Tahun 2022 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat yang Dilakukan dengan Aplikasi yang ditandatangani 7 September 2022.

Didalam ketentuan Kepri tersebut, terdapat biaya jasa yang terdiri dari biaya batas bawah, biaya batas atas dan jasa minimal dinaikkan dan diatur sesuai zona wilayah.

Menurut Kennedy Muslim, peneliti Polling Institute yang dilansir Kompas.id (12/9/22), kalangan pengguna ojek online cukup resisten terhadap kenaikan tarif.

Hasil survey yang dilaksanakan Polling Institute pada 16-24 Agustus 2022 menunjukkan, sebanyak 61 persen responden pengguna ojek online kurang atau tidak setuju dengan kenaikan tarif.

Mayoritas pendapat kurang atau tidak setuju dengan rencana kenaikan tarif berada di tiap kelompok demografi, wilayah, dan intensitas penggunaan ojek daring. Sementara itu, di kalangan mitra pengemudi, sekitar 82,6 persen setuju atau sangat setuju dengan kebijakan tersebut.

Namun, mengenai dampak kenaikan tarif, sekitar 50 persen pengguna menyatakan akan beralih atau akan lebih sering menggunakan sepeda motor pribadi untuk mobilitas sehari-hari.

Tingkat penggunaan transportasi umum berpotensi turun karena hampir 30 persen pengguna moda transportasi kombinasi juga menggunakan kendaraan umum dan tranportasi online, lanjut Kennedy.

Pengamat transportasi publik Universitas Trisakti, Yayat Supriyatna berpendapat, kenaikan tarif ojek online bakal membuat sebagian penggunanya kembali ke kendaraan pribadi, khususnya sepeda motor, karena dinilai lebih hemat.

Reporter : Dwi Kurnia

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini