Monday, September 26, 2022
spot_img
spot_img

Sri Mulyani: Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia Tertinggi di ASEAN

Jakarta, Aktualiti.com – Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani mengungkapkan masa pandemi Covid-19 membawa dampak bagi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia yang tumbuh begitu signifikan. Sri Mulyani menjelaskan bahwa ekonomi digital Indonesia tumbuh 49 persen dari 47 miliar dolar AS pada tahun 2020 menjadi 70 miliar dolar AS pada tahun 2021.

Angka ini diperkirakan akan meningkat mencapai 146 miliar dolar AS pada tahun 2025. Angka ini merupakan yang tertinggi dibanding dengan beberapa negara ASEAN lain.

“Ini tentu merupakan nilai atau volume tertinggi dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya,” ujar Sri Mulyani dalam IFG International Conference 2022 di Jakarta, Senin (30/5/2022).

Hal ini tak lepas dari penetrasi teknologi yang tinggi kala pandemi, Menurut McKinsey, akselerasi digital selama pandemi setara dengan tiga tahun adopsi teknologi.

“Sektor keuangan Indonesia menghadapi tren yang berpotensi menciptakan disrupsi dan inovasi masa depan melalui ekonomi digital dan keuangan berkelanjutan,” tuturnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menjelaskan bahwa populasi anak muda yang tekah terbiasa menggunakan teknologi sangat mendukung penetrasi pertumbuhan ekonomi digital RI.

Ia melanjutkan, bahwa ekonomi baru ini akan membuka peluang baru bagi sektor jasa keuangan

“Jika melihat pesatnya implementasi teknologi digital di Indonesia, industri jasa keuangan terbuka peluang yang sangat besar, disertai urgensi untuk memperkuat pengawasan dan perlindungan konsumen,” jelas Sri Mulyani.

Editor : Mochamad Nur Habib

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini