Wednesday, September 28, 2022
spot_img
spot_img

The Fed Naikkan Suku Bunga, Sri Mulyani Siapkan Langkah Strategis

Bogor, Aktualiti.com –¬†Menteri Keuangan Sri Mulyani sudah siapkan langkah strategis demi merespon kenaikan suku bunga dari Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Federal Reserve (The Fed), salah satunya dengan kebijakan moneter.

“Kenaikan The Fed ini sudah kami antisipasi karena kenaikan inflasi kemarin masih tinggi. Jadi kami harus persiapkan langkah-langkah kebijakan moneternya,” kata Sri Mulyani, di SCIC, Sentul Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/6/2022).

Diketahui Bank Sentral Amerika, The Fed resmi mengerek suku bunga acuan sebesar 75 basis poin (bps) atau 0,75 persen. Ini menjadi kenaikan terbesar semenjak tahun 1994.

Kenaikan suku bunga acuan dalam jumlah besar ini sekaligus sinyal dari The Fed akan langkah agresif yang akan ditempuh untuk menahan inflasi di Amerika Serikat yang terus mendaki di luar perkirakan.

Baca juga : Perkuat Ekosistem Ekonomi Digital, Pemerintah Kerjasama dengan Microsoft

Sri Mulyani melanjutkan, pemerintah telah memperkirakan sinyal kenaikan suku bunga tersebut hingga 3 persen. Bahkan pembahasannya sudah masuk dalam perencanaan APBN 2023.

“Sinyal kenaikan suku bunga The Fed sudah kita antisipasi di atas 3 persen dalam perhitungan kita termasuk pembahasan dalam APBN 2023 nanti,” katanya.

Sri Mulyani juga mengingatkan bahwa kenaikan suku bunga berpotensi membuat pemulihan ekonomi dan perekonomian Amerika Serikat dan Eropa bergerak ke arah negatif, sehingga kinerja ekspor dan harga komoditas pasar global harus diawasi dan dicermati.

“Pemulihan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi di Eropa dan AS mungkin akan negatif, pengaruhnya nanti kita harus lihat dari sisi ekspor harga komoditas,” ujar Sri Mulyani.

Meskipun begitu kebijakan fiskal dan moneter sudah diarahkan untuk terus menjaga momentum pemulihan ekonomi Indonesia.

Editor : Mochamad Nur Habib

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini