Friday, September 30, 2022
spot_img
spot_img

Tingkatkan Kemandirian Ekonomi, BI Gandeng Pesantren Gelar Festival UMKM

Jakarta, Aktualiti.com – Dalam rangka peningkatan kemandirian ekonomi, Bank Indonesia diwakili Wilayah DKI Jakarta menggandeng pesantren-pesantren mengadakan Business Mathcing Himpunan Bisnis Pesantren (HEBITREN) se Jawa dan Lampung di Pondok Pesantren Minhaajurrosyidin, Jakarta pada 13 hingga 14 September 2022.

Acara tersebut festival UMKM yang menyuguhkan berbagai produk UMKM dari pesantren-pesantren se-Jawa dan lampung. Selain itu di dalamnya juga diadakan edukasi keuangan syariah.

Acara tersebut menyajikan ratusan produk yang dihasilkan oleh 70 lebih pesantren se-Jawa dan Lampung yang terhimpun di dalam HEBITREN.

Kepala Wilayah Bank Indonesia untuk wilayah DKI Jakarta, Onny Widjanarko mengatakan dalam sambutannya bahwa sudah waktunya pesantren mampu mengkapitalisasi pasar sendiri sehingga tercipta ekosistem ekonomi baru yang bermuara dari pesantren.

“Ada 37 ribu pesantren di Indonesia, itu bisa menjadi jaminan pasar. Tapi belum terkoneksi satu sama lain, padahal kalau bersatu akan menjadi kekuatan yang besar,” ujarnya dalam kesempatannya memberikan sambutan.

Onny Widjanarko melanjutkan penjelasannya bahwa hal tersebut bisa tercapai dengan empat syarat, pertama adalah pembiayaannya, jika belum ada modal maka pinjam, tapi di lembaga peminjaman yang syariah bukan pinjol atau lainnya.

Kedua, produktivitasnya, hari ini barang-barang yang tersedia di marketplace mayoritas barang impor, oleh karenanya sebagai pengusaha harus selalu berani memproduksi sesuatu.

Ketiga, pasarnya, setelah membuat produk hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana produk yang dibuat bisa sampai kepada konsumen.

Keempat adalah pembayaran (paymentnya), karena pemesanan produk sekarang lewat digital maka pembayaran cashless harus mampu diterapkan, dengan begitu konsumen akan dimudahkan.

Sebagaimana diketahui, Himpunan Bisnis Pesantren (HEBITREN) merupakan wadah penguatan kemandirian pesantren yang ditujukan untuk mendorong akselerasi penguatan ekonomi dari unit usaha yang ada di pondok pesantren.

HEBITREN dibentuk dalam rangka mengkonsolidasikan jejaring kegiatan perekonomian dan usaha di pesantren.

Reporter: Dani Az

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini