Friday, September 30, 2022
spot_img
spot_img

Tips Kelola Keuangan Agar Tak Boros Saat Bulan Ramadhan

JAKARTA, Aktualiti.com – Ramadhan adalah bulan yang selalu ditunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Bulan suci yang penuh keberkahan ini sangat banyak keutamaan-keutamaan di dalamnya.

Sangat perlu untuk persiapan menyambutnya. Termasuk persiapan mengelola keuangan di bulan Ramadhan tahun ini. Apalagi masih dalam situasi pandemi Covid-19. Akan tetapi situasi sekarang tidak untuk dijadikan penghalang kegembiraan dalam menyambut bulan suci.

Agar Sahabat Aktualiti lebih fokus dalam menjalankan ibadah puasa dan tidak pusing memikirkan pengelolaan keuangan di bulan ramadhan.

Berikut tips mengelola keuangan saat bulan ramadhan yang tim Aktualiti.com rangkum dari berbagai sumber.

Tentukan Prioritas Utama

Membuat daftar prioritas merupakan hal penting dalam mengelola keuangan. Tujuannya adalah agar terhindar dari pemborosan. Misal tentukan anggaran untuk sahur, berbuka, zakat dan sedekah. Jangan lupa juga anggaran untuk listrik, dana darurat, dll.

Jangan Konsumtif

Salah satu keutamaan bulan Ramadhan adalah melatih agar tidak menuruti hawa nafsu. Tak terkecuali soal keinginan untuk berbelanja di luar yang sebetulnya tidak begitu perlu atau bisa ditunda.

Kurangi Berbuka Puasa di Luar

Hal ini salah satu momentum yang ditunggu oleh semua orang untuk menikmati suasana buka puasa di luar rumah. Apalagi momentum buka bersama. Hal ini yang perlu dikurangi, karena salah satu yang membuat pemborosan di bulan puasa adalah terlalu sering berbuka puasa di luar.

Buat Catatan Pengeluaran Harian 

Ini sangat penting, untuk mengetahui pengeluaran tiap hari. Sekaligus sebagai data review agar tidak terjadi pemborosan di kemudian hari.

Komitmen itu Penting

Menjaga dan melaksanakan rencana awal adalah komponen paling penting dalam segala hal. Termasuk mengelola keuangan. Hal sepele yang banyak orang sering teledor.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan.”

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini