Saturday, October 1, 2022
spot_img
spot_img

Tips Memilih Produk Investasi yang Aman Langsung dari OJK

JAKARTA, Aktualiti.com – Modus operasi investasi bodong dan ilegal terus mengalami kemajuan. Bahkan, sudah melibatkan influencer dalam memasarkannya. Tidak sedikit masyarakat yang tertipu dan mengalami kerugian.

Tercatat dari temuan polisi pertanggal 9 Maret, kerugian masyarakat akibat dari salah satu produk atau platform investasi, yaitu Binomo mencapai 25 miliar, itupun hanya dari 14 masyarakat yang baru dimintai keterangan. Belum lagi dari masyarakat lain ataupun platform investasi bodong lainnya, seperti Quotex, Binary Option, dll.

Dikutip dari laman ojk.go.id, menampilkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2019 indeks literasi keuangan sebesar 38,0 persen dan indeks inklusi keuangan sebesar 76,1 persen.

Hal tersebut menunjukkan masyarakat belum bisa memahami dan menentukan produk investasi yang baik dan aman untuk dipilih. Untuk itu ada beberapa tips yang bersumber langsung dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar anda tidak menjadi korban investasi bodong atau ilegal.

  1. Kenali profil investasi diri

Setiap orang memiliki profil investasi yang berbeda-beda. Pertama, ada yang memilih dengan risiko kecil dan cenderung segera melakukan penarikan dana ketika mengalami kerugian. Aliran ini disebut konservatif.

Kedua, ada yang berinvestasi dengan tujuan memperoleh pendapatan atau pengembalian (return) dalam jangka menengah sampai panjang. Aliran ini disebut moderat.

Ketiga, ada juga yang berinvestasi dengan memperoleh return besar dan dalam waktu yang relatif lama. Aliran ini disebut agresif.

Untuk itu, anda harus mengenali platform investasi mana yang sesuai tujuan.

  1. Pilih jenis dan produk sesuai kebutuhan.

Setelah kenal, maka anda harus memilih jenis produk investasi dengan tepat. Disesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan anda.

  1. Perhatikan aspek legalitasnya, pastikan sesuai dengan bidang usahanya.

Ketika memilih, maka anda bisa memastikan secara langsung kepada OJK mengenai legalitas platform investasi yang anda pilih. Bisa ditanyakan melalui surat elektronik ke alamat [email protected] atau Whatsapp pada nomor 081157157157

  1. Pahami siapa regulatornya

Dengan memahami regulatornya, akan bermanfaat jika sesuatu terjadi di masa mendatang.

  1. Baca dengan seksama ketentuan yang berkaitan dengan produk.

Hal tersebut dibutuhkan untuk memastikan bahwa konsumen memahami secara lengkap hak dan kewajibannya, manfaat, biaya, dan risiko yang berkaitan dengan produk.

  1. Jika anda masih bingung, maka bisa cek langsung ke pihak berwenang.

Berikut ini adalah kontak resmi pihak berwenang (regulator) yang bisa dihubungi :

  • Otoritas Jasa Keuangan (Telp: 1500-655)
  • Kementerian Perdagangan (Telp: 021 3858 171)
  • Badan Koordinasi Penanaman Modal (Telp: 021 5252 008)
  • Kementerian Koperasi dan UKM (Telp: 021 520 436672)
  • Kementerian Komunikasi dan Informasi (Telp: 021 3452 841)

Referensi:

bareksa.com. Ada Tiga Tipe Investor, Kamu Termasuk yang Mana?. Diakses melalui https://www.bareksa.com/berita/belajar-investasi/2021-03-09/ada-tiga-tipe-investor-kamu-termasuk-yang-mana. pada Hari Minggu, 20 Maret 2022.

news.detik.com. Bareskrim Ungkap Kerugian Korban Kerugian Binomo Indra Kenz Mencapai Rp 25 M. Diakses melalui https://news.detik.com/berita/d-5975326/bareskrim-ungkap-kerugian-korban-binomo-indra-kenz-mencapai-rp-25-m#:~:text=Bareskrim%20Polri%20mengungkap%20total%20kerugian,sudah%20dimintai%20keterangan%20oleh%20polisi. pada Hari Minggu, 20 Maret 2022.

ojk.go.id. Tips Investasi Secara Aman. Diakses melalui https://www.ojk.go.id/waspada-investasi/id/Pages/Tips-Investasi-Secara-Aman.aspx pada Hari Minggu, 20 Maret 2022

Penulis: Dani Azkiyak

 

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini