Monday, September 26, 2022
spot_img
spot_img

Usai Dilantik Jadi Mendag, Zulkifli Ungkap Tugas Utama dari Jokowi

Jakarta, Aktualiti.com – Setelah resmi dilantik menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Luthfi pada Rabu (15/06/2022), Zulkifli ungkap tugas utama yang diberikan Presiden Joko Widodo.

Sebagai Mendag baru, polemik minyak goreng menjadi satu tugas prioritas yang diharapkan mampu diselesaikan Zulkifli.

“Penugasannya itu, tolong Pak Zul dengan background Pak Zul yang suka turun ke bawah, mengerti mikro, mengerti ritel, mengerti detail soal pangan, ketersediaan minyak goreng, dan lain-lain, diyakini itu kepercayaan Presiden saya mampu melaksanakan dengan baik,” tutur Zulkifli selepas serah terima jabatan di Gedung Kemendag, Jakarta.

Selain itu, Zulkifli juga mengakui diberikan tugas untuk mengatasi persoalan minyak goreng curah. Polemik ini berkaitan dengan rencana pemerintah menghapuskan minyak goreng curah lalu menggantinya dengan minyak goreng kemasan sederhana.

“Saya diskusi panjang dengan teman-teman, ada beberapa cara, tapi tunggulah satu dua hari. Ada beberapa cara, formula yang kalau segera kita laksanakan dengan cepat bisa mengatasi yang lama. Besok juga kita akan lihat ke pasar,” jelas dia.

Baca juga : Subsidi Minyak Goreng Curah Dicabut, Apa Penggantinya?

Zulhas, sapaan karib Zulkifli menuturkan bahwa dirinya percaya diri mampu menyelesaikan masalah kelangkaan minyak goreng di Indonesia.

“Saya insyaallah sama-sama dengan teman-teman bisa cepat menyelesaikan, terutama minyak goreng. Ketersediaannya ada, harga terjangkau, kalau lama-lama kan kasihan rakyatnya. Itu saya kira prioritas,” ujar Zulkifli di Istana Kepresidenan.

Pemilihan Zulhas sebagai Mendag yang baru bukan tanpa alasan, Menurut Jokowi, Zulhas adalah sosok yang mampu mengisi posisi nomor satu di Kemendag.

“Kita melihat semuanya rekam jejak, pengalaman, kemudian terutama untuk skill manajerial, karena sekarang bukan makro saja, tetapi mikro juga harus secara detail dikerjakan. Saya melihat Pak Zul dengan pengalaman, dengan track record rekam jejak yang panjang, saya kira akan sangat bagus untuk Menteri Perdagangan,” ucap Jokowi.

Jokowi yakin Zulhas mampu menangani masalah perdagangan, terutama mengenai pangan. Jokowi juga berpesan kepada Zulhas agar memprioritaskan kebutuhan pangan dalam negeri.

Editor : Mochamad Nur Habib

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini