Tuesday, October 4, 2022
spot_img
spot_img

Wajibkan Pembelian Minyak Goreng Pakai KTP, Mendag: Agar Tepat Sasaran

Jakarta, Aktualiti.com – Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi mengungkapkan masyarakat yang ingin membeli minyak goreng curah dengan harga Rp 14.000 harus gunakan KTP. Hal ini dilakukan agar penyaluran minyak goreng tepat sasaran.

Adapun minyak goreng curah tersebut masuk dalam program Minyak Goreng Curah Rakyat (MGCR) yang baru dicanangkan Kementrian Perdagangan. Dalam program tersebut, harga minyak goreng menyesuaikan dengan harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan yaitu Rp 14.000.

“Program MGCR akan kami maksimalkan untuk mengatasi minyak goreng. Harganya sesuai HET. Pembelian melalui program ini menggunakan KTP untuk memastikan bahwa masyarakat yang memerlukan dapat mengakses minyak goreng curah tersebut,” ujar Mendag saat melakukan konferensi pers minyak goreng yang diadakan secara virtual, Minggu, (5/6/2022).

Baca juga : Luhut: Aplikasi PeduliLindungi Bisa Tangani Masalah Minyak Goreng

Mendag Luthfi melanjutkan, program MGCR ini turut melibatkan produsen minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO) sebagai pemasok bahan baku minyak goreng, produsen minyak goreng sebagai pemasok minyak goreng curah, pelaku usaha jasa logistik eceran, distributor yang termasuk dalam Sistem Informasi Minyak Goreng Curah (SIMIRAH), pengecer, serta eksportir.

Pembelian minyak goreng curah selanjutnya akan menggunakan sistem aplikasi digital melalui distributor yang telah terdaftar di SIMIRAH.

Pemerintah juga telah memastikan titik jual secara proporsional agar pendistribusian minyak goreng curah bisa berjalan secara maskimal.

“Titik jual ditetapkan berdasarkan data profil Pasar Rakyat tahun 2020 yang diterbitkan oleh BPS. Kriteria pertama, mewakili seluruh provinsi secara proporsional. Kedua, mewakili kabupaten atau kota secara proporsional. Ketiga, jumlah pedagangnya,” urai mantan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat itu.

Editor : Mochamad Nur Habib

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini