Monday, September 26, 2022
spot_img
spot_img

Wapres: Ekonomi Islam Solusi Pemulihan Ekonomi Global

Jakarta, Aktualiti.com – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menilai berbagai krisis ekonomi global saat ini merupakan momen yang tepat bagi Indonesia untuk menawarkan ekonomi Islam sebagai solusi pemulihan ekonomi global.

“Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar, kita tunjukkan bahwa ekonomi Islam adalah sebuah solusi bagi pemulihan ekonomi global yang berkeadilan, yang dapat menyentuh semua lapisan masyarakat,” tegas Wapres saat menghadiri acara Halalbihalal dan Silaturahmi Kerja Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) di Jakarta, Jumat (10/6/2022).

Baca juga : Wapres: Ekonomi Syariah Harus Jadi Obor Perekonomian Nasional

Ia mencermati peluang tersebut cukup terbuka mengingat Indonesia sedang mendapat mandat Presidensi G20. Selain itu, sistem ekonomi syariah terbukti mengalami tren pertumbuhan positif.

“Pada 2021 umat muslim mengeluarkan USD2 triliun untuk sektor makanan, farmasi, dan gaya hidup lain berprinsip syariah,” ungkap dia.

Wapres melanjutkan, nilai tersebut menunjukkan 8,9 persen pertumbuhan dari tahun sebelumnya Bahkan menurutnya angka tersebut akan mencapai 9,1 persen di tahun 2022.

“Potensi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia juga sangat baik. Per Desember 2021 total aset keuangan syariah Indonesia (tidak termasuk saham syariah) mencapai Rp 2.050 triliun. Hal ini tentunya menjadi modal yang sangat baik dalam hal penguatan maupun ketahanan ekonomi dan keuangan Indonesia,” katanya.

Baca juga : PB PMII: Indonesia Akan Jadi Pusat Perekonomian Syariah Dunia

Wapres Ma’ruf berharap Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) mampu mencetuskan berbagai inovasi baru untuk penguatan lembaga keuangan syariah sebagai garda terdepan pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi.

“Saya juga berharap IAEI terus memberikan kontribusi pemikiran strategis dan implementatif untuk kemajuan ekonomi dan keuangan syariah, yang membawa kemaslahatan bagi masyarakat, serta menjadi kontribusi Indonesia di tataran global,” ungkapnya.

Editor : Mochamad Nur Habib

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini