Saturday, October 1, 2022
spot_img
spot_img

Wapres: Ekonomi Syariah Harus Jadi Obor Perekonomian Nasional

JAKARTA, Aktualiti.com – Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa tahun 2022 masih menjadi tahun ketidakpastian. Kondisi tersebut bisa jadi momentum untuk mengembangkan usaha, baik bidang syariah ataupun bidang-bidang lainnya.

“Ekonomi dan keuangan syariah akan terus berkembang tidak hanya menjadi sebuah lentera tetapi akan menyala lebih besar menjadi obor penerang perekonomian nasional,” imbuh Wapres.

Hal tersebut Wapres sampaikan saat memberikan sambutan pada Pembukaan HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Sharia Conference 2022 di Istana Wakil Presiden, Jakarta Selatan, Selasa (29/3/2022).

Baca juga : Resmikan Sharia Conference, Wapres Harapkan HIPMI Ciptakan Pengusaha Syariah

Penggagas konsep Arus Baru Ekonomi Indonesia itu menambahkan bahwa dalam kondisi sekarang, setidaknya ada tiga komponen penggerak perekonomian bangsa. Pengendalian pandemi, kebijakan akomodatif, serta pengusaha pejuang atau pejuang pengusaha.

“Pada kesempatan ini, secara khusus yang perlu saya garis bawahi adalah peran ekonomi dan keuangan syariah dalam pemulihan ekonomi yang inklusif. Ekonomi dan keuangan yang kita arustamakan dalam perekonomian nasional tentu tidak luput dari konteks tantangan global,” ungkap Wapres.

Menurutnya potensi besar seperti populasi dan demand, serta halal lifestyle yang semakin membumi di Indonesia maupun di berbagai belahan dunia harus bisa dimanfaatkan sebagai daya ungkit perekonomian.

“Kita memiliki sektor unggulan ekonomi dan keuangan syariah,seperti pertanian, minuman dan makanan halal, fashion muslim, pariwisata yang ramah muslim serta keuangan syariah. Sektor-sektor tersebut tidak hanya bertahan tapi mampu menyangga ekonomi Indonesia selama pandemi,” pungkas Wapres.

Baca juga : Wapres Dukung Pemberdayaan Ekonomi Berbasiskan Pesantren

Sebelumnya Wapres dalam akun instagram @kyai_marufamin mengaku gembira dan antusias berada di tengah-tengah para pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan membicarakan ekonomi syariah dalam acara Sharia Conference 2022.

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini