Friday, October 7, 2022
spot_img
spot_img

Wapres: Jika Wakaf Dioptimalkan, Kita Tidak Perlu Utang untuk Pembangunan

Jakarta, Aktualiti.com – Wakil Presiden Mar’uf Amin mengungkapkan potensi besar dana wakaf jika dioptimalkan bisa membiayai pembangunan sehingga tidak perlu meminjam utang.

“Potensi wakaf itu mencapai Rp 180 triliun per tahun jika dioptimalkan dan dikelola dengan baik maka wakaf bisa menggerakan ekonomi nasional dan membiayai pembangunan sehingga kita tidak perlu meminjam utang,” Ungkap Wapres Ma’ruf.

Hal tersebut Wapres ungkapkan saat menerima Pengurus Forum Jurnalis Wakaf Indonesia (Forjukafi) di Kediaman Resmi Wapres, Jl. Diponegoro Jakarta, pada Kamis (15/9/2022).

Wapres pun menyambut baik dan mendukung keberadaan Forjukafi dalam rangka memberikan literasi wakaf kepada masyarakat.

Lebih lanjut, Wapres yang kerap disapa Kyai Ma’ruf mengatakan, potensi wakaf sangat besar namun belum optimal.

“Potensi Wakaf kita itu sangat besar. Tapi belum maksimal. Salah satu penyebabnya adalah karena rendahnya literasi dan pemahaman masyarakat terhadap wakaf,” ucap Kyai Ma’ruf.

Baca juga : Wapres: Ekonomi Islam Solusi Pemulihan Ekonomi Global

Kyai Ma’ruf pun mendorong semua pihak termasuk Forjukafi untuk bekerjasama menggalakkan wakaf sehingga potensi yang sangat besar itu bisa memberdayakan umat.

“Kita terus dorong semua pihak untuk mengenalkan literasi Ziswaf. Karena jika masyarakat telah mengenal dan biasa mengeluarkan zakat, infaq dan sodaqoh, maka wakaf pun bisa berkembang. Apalagi zakat, infaq dan sodaqoh sebenarnya juga wakaf itu sendiri,” tutur Kyai Ma’ruf.

Kyai Ma’ruf juga menyebut selain kalangan pengusaha dan BUMN, banyaknya Diaspora Indonesia yang sukses di luar negeri juga bisa dimanfaatkan untuk dana wakaf.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua Umum Forjukafi Rijanto Witjaksono melaporkan rencana Raker Forjukafi akhir September 2022 di Puncak, Jawa Barat.

Ia juga memaparkan salah satu program Forjukafi adalah akan terus melaksanakan literasi wakaf kepada masyarakat bersama dengan komponen masyarakat yang lain.

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini