Monday, September 26, 2022
spot_img
spot_img

14 Pelajaran Hidup yang Perlu Kamu Ketahui, Pernah Mengalaminya?

Jakarta, Aktualiti.com – Terkadang kehidupan yang kita jalani ini selalu memberikan pelajaran-pelajaran penting yang membuat kita menjadi seseorang yang selalu berkembang dan bertumbuh.

Pelajaran-pelajaran tersebut didapatkan dari banyaknya pengalaman yang telah dilalui dalam menjalani proses kehidupan yang tidak selalu mudah dan menyenangkan. Kadang juga memberikan masalah dan tekanan.

Ternyata, ada pelajaran-pelajaran hidup yang harus kamu ketahui dan mungkin saja kamu pernah mengalami salah satunya.

Dilansir dari Instagram @intrvrt.me, berikut 14 pelajaran hidup yang perlu kamu ketahui, dan bisa saja kamu pernah mengalaminya.

1. Kamu tidak bisa selamanya bergantung kepada orang lain
Setiap manusia memiliki urusannya masing-masing. Jangan kecewa disaat tidak ada yang dapat membantumu. Kamulah yang harus hadir sebagai penolong dirimu.

2. Waktu berjalan begitu cepat
Setiap detik yang kamu miliki itu sangat berharga. Jangan sia-siakan waktumu untuk hal-hal yang tidak berguna bagi hidupmu. Selesaikan apa yang kamu rencanakan, jangan lagi ditunda-tunda.

3. Konsistensi adalah kunci
Lebih baik kamu menyisihkan 30 menit/hari untuk melatih sesuatu yang ingin kamu kuasai daripada melakukannya selama 4 jam/minggu. Otakmu cenderung lebih cepat menguasai sesuatu yang diulang-ulang dalam waktu dekat.

4. Kamu membutuhkan kegagalan atau rintangan
Coba ingat lagi masa-masa sulit yang pernah kamu alami sebelumnya. Bayangkan kalau masa itu kamu hilangkan. Apakah kamu yakin tanpa kegagalan ataupun rintangan, dirimu hari ini akan sebaik dirimu yang bertubi-tubi dibenturkan oleh berbagai kesulitan?

5. Kekecewaan datang karena diundang
Lambat laun kamu akan menyadari bahwa kamu sendirilah yang mengundang kekecewaan dengan segala ekspektasi yang kamu miliki. Terutama berekspektasi pada sesuatu yang diluat kontrolmu, seperti manusia.

6. Rasa takut itu kamu yang ciptakan
Kalau kamu perhatikan, sudah banyak orang diluar sana yang mampu melewati rasa takut yang saat ini kamu rasakan.

Apakah mereka tidak takut? Takut tentunya, tapi mereka tetap melangkah dan akhirnya mengalahkan ketakutan yang mereka ciptakan sendiri. Tenang, banyak kok yang membuktikan kalau ketakutanmu sebenarnya aman.

7. Tumbuh dewasa itu menyakitkan
Kebijaksanaan tumbuh di luar zona nyaman. Rasa sakit diperlukan untuk menjadi dewasa. Ini sudah pasti, namun tenanglah kamu pasti bisa melaluinya.

8. Kamu tidak sepintar yang kamu kira
Di dunia ini, tersebar begitu banyak ilmu pengetahuan dan mungkin saja kamu baru menguasai sekitar 1 persen dari total yang ada. Serap sebanyak mungkin ilmu yang kamu inginkan, maksimalkan kapasitas otakmu sebaik mungkin.

9. Kecerdasan finansial itu sangat penting
Akan sangat percuma ketika kamu punya segala kemampuan untuk mendatangkan uang namun sangat butuk salam mengelolanya. Penting untuk cerdas secara finansial agar kamu bisa bertahan dalam segala situasi.

10. Tidak semua orang tahu apa yang kamu inginkan
Belajarlah untuk menurunkan egomu, tidak selamanya kamu harus dimengerti. Komunikasikan apa yang kamu inginkan, hal ini akan lebih cepat menyelesaikan masalah.

11. Hanya sebagian kecil yang akan bertahan
Orang-orang yang kamu temui disepanjang hidupmu, mayoritas hanya akan menjadi bagian kecil di perjalananmu. Mereka tidak akan menetap lama, maka dari itu jangan terlalu berusaha untuk menjaga semuanya.

12. Belajar bisa di mana saja
Bukan berarti jika kamu tidak pergi kuliah, proses belajarmu berakhir. Ilmu saat ini sudah tersebar di mana-mana. Yang dibutuhkan hanyalah inisiatifmu untuk mencari secara mandiri.

13. Dunia terkadang memang tidak adil
Terlalu banyak variabel yang berperan terhadap terjadinya sesuatu. Kamu harus menyadari bahwa tidak selamanya usahamu akan sesuai dengan hasil.

Tapi yang perlu kamu ketahui adalah nilai dirimu yang sebenarnya akan selalu sejalan dengan seberapa keras usahamu.

14. Akan selalu ada orang yang tidak suka denganmu
Sebaik dan sejujur apapun kamu, akan selalu ada saja orang yang berusaha menjatuhkanmu. Sebenarnya yang perlu dilakukan adalah diamkan saja, karena mereka tidak penting untuk dipikirkan.

Reporter: Ali Ruhiyat
Sumber: Instagram @intrvrt.me

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini