Monday, September 26, 2022
spot_img
spot_img

5 Cara Membuat Film Pendek untuk Pemula

JAKARTA, Aktualiti.com – Pembuatan film agak susah-susah mudah. Avengers, Ghost Rider, atau Power Rangers, mungkin nama Film yang menjadikan Anda sebagai pemula dalam dunia per-film-an cenderung minder sebelum membuatnya.

Pasalnya, kompleksnya alur, belum lagi perihal editorial, benar-benar menyebabkan Anda mengernyitkan dahi, saat mau membuatnya. Gugur sebelum berperang. Hahaha…

“Segala sesuatu, pasti ada caranya,” demikian pepatah mengatakan termasuk dalam membuat sebuah film. Berikut, cara membuat film pendek untuk pemula yang dilansir dari merdeka.com, nyfa.edu dan mldspot.com

Buat Alur Cerita

Cara pertama tak lain ialah membuat alur cerita. Beberapa pembuat film mungkin tergoda untuk mengambil kamera, lantas merekam (take video) adegan dadakan. Padahal, film pendek terbaik memiliki sebuah struktur yang baik, mulai dari bagian pembuka, bagian tengah, dan bagian penutup.

no, salah satu alternatif yang akan meringankan dalam membuat alur cerita adalah mencari inspirasi naskah dari internet, misalnya ada beberapa situs yang menyediakan naskah untuk akting duet.

Naskah untuk akting duet menggambarkan adegan tunggal dengan durasi sepuluh menit antara dua aktor, dan sering kali hanya diisi dengan dialog. Bagi pemula, naskah seperti ini sangat cocok sebab adegannya tidak terlalu rumit dalam proses syuting.

Buat Storyboard

Cara kedua untuk membuat film pendek adalah dengan membuat storyboard. Setelah memiliki naskah yang diinginkan, Anda dapat membuat storyboard berupa gambar-gambar berurutan yang merangkai cerita dari setiap adegan.

Storyboard hampir menyerupai buku komik yang dapat memvisualisasikan sebuah alur cerita dan urutan adegan. Sebagian besar proyek membuat film adalah membuat storyboard. Terutama karena dapat menghemat banyak waktu dan hal yang berkaitan dalam jangka panjang.

Sehingga hal ini sangat bagus membantu sutradara lebih fokus pada saat kameramen memotret adegan. Cobalah temukan template atau contoh storyboard untuk membantu Anda membuat film pendek tersebut.

Cari Lokasi Pembuatan Film

Cara ketiga untuk membuat film pendek adalah mempertimbang di mana lokasi adegan itu difilmkan. Menentukan lokasi adegan sama pentingnya dengan menemukan naskah yang tepat.

Misalnya, jika lokasi film Anda berlatar di kedai kopi, Anda harus memastikan sudah mendapatkan izin dari pemiliknya. Opsi yang lain, Anda juga dapat meniru dan mendesain suatu lokasi yang bernuansa kedai kopi.

Dan juga, jangan lupa soal keamanan dan kenyamanan lokasi adegan film yang berada di luar ruangan harus diprioritaskan. Hal ini agar meminimalisir resiko saat merekam sebuah film.

Siapkan Peralatan

Cara keempat dengan menyiapkan semua peralatan yang diperlukan. Peralatan yang dibutuhkan biasanya tidak sekompleks peralatan produksi film umumnya.

Untuk pemula, siapkan handycam atau handhpone, sehubungan kualitas kamera handphone juga telah berkembang sehingga tidak kalah bagus dengan kualitas kamera umumnya, tentu dengan kondisi baterai terisi penuh beserta chargernya. Dan bawalah mikrofon tambahan agar kualitas audio dalam video semakin maksimal.

Edit Hasil Rekaman

Cara terakhir untuk membuat film pendek, tentulah dengan mengedit hasil rekaman film. Alih-alih rekaman mentah memberikan sensasi dan estetika sebuah cerita, malah mengandung adegan yang tidak relevan dengan isi sebuah naskah.

Memang, proses pengeditan dapat memakan waktu yang cukup lama, terutama saat video tidak diambil secara ideal. Jadi, rekam video Anda dengan angle yang pas agar proses berjalan lebih lancar.

Namun demikian, mengedit sebuah rekaman memegang peranan yang sangat penting. Satu sisi, cerita lebih ideal, di sisi lain, kualitas rekaman lebih optimal. Selain mengedit, Anda juga dapat menambahkan beberapa efek khusus, seperti backsound atau grading color, agar film yang dihasilkan lebih menarik.

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini