Thursday, September 29, 2022
spot_img
spot_img

7 Tanda Kesehatan Mentalmu Sedang Tidak Baik-baik Saja

Jakarta, Aktualiti.com – Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga diperlukan untuk lebih mengembangkan potensi yang ada dalam diri setiap manusia. Banyak orang yang tidak terlalu memikirkan dan memperdulikan kesehatan mentalnya. Atau bahkan menganggap itu tidak penting.

Padahal setiap diri manusia akan berfungsi sepenuhnya oleh kondisi fisik yang kuat dan kondisi mental yang sehat. Dikutip dari Instagram @intrvrt.me, inilah 7 tanda kesehatan mental sedang tidak baik-baik saja.

1. Merasa cemas yang berlebihan

Perasaan cemas adalah respon alami dari tubuh terhadap stres atau tekanan. Hal ini wajar sampai titik tertentu.

Jika perasaan cemas ini datang terus menerus dan sulit untuk mengidentifikasi penyebabny, maka bisa jadi ini adalah tanda bahwa kesehatan mentalmu sedang tidak baik-baik saja.

2. Terbebabi dengan rutinitas sehari-hari

Sesuatu yang biasanya mudah kamu selesaikan, terasa sulit dan berat sekali untuk menyelesaikannya.

Hal ini berlangsung selama berhari-hari hingga banyak tanggung jawab yang tidak kamu selesaikan. Contoh rutinitasnya seperti kerjaan kantor, tugas kampus, sekolah, rumah, atau aktivitas berolahraga.

3. Menarik diri

Kamu merasa sangat lelah untuk bertemu dengan orang lain hingga akhirnya kamu mengisolasi dirimu dari kerumunan. Aktivitas sosial tidak lagi menarik bagimu, padahal kamu adalah sosok ceria yang selalu menghangatkan suasana.

4. Kehilangan nafsu makan

Bahkan untuk makan pun yang biasanya adalah aktivitas favoritmu, sudah tidak lagi menggugah keinginanmu. Frekuensi makanamu yang biasanya 3x sehari, tiba-tiba turun menjadi 1x dalam sehari itupun harus dipaksakan.

5. Perubahan pola tidur

Terdapat dua kemungkinan perubahan, yaitu kamu jadi lebih sulit untuk tertidur atau waktu tidurmu menjadi lebih panjang.

Pola ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama dan bukan disebabkan oleh kelelahan fisik atau jumlah kafein berlebih yang kamu konsumsi.

6. Sedih, marah, depresi yang berkepanjangan

Kamu menjadi over sensitif dan perasaan ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Kamu menjadi mudah marah, sedih, kecewa, depresi, takut, dll. Bahkan kamu pun menyadari bahwa kamu tidak seemosional ini sebelumnya.

7. Merasa tidak berguna

Kamu menyalahkan dirimu karena merasa bahwa kamu tidak memiliki arti di dunia ini, bahwa orang lain tidak menginginkan keberadaanmu.

Di kondisi seperti ini, bisa jadi kamu juga menyakiti dirimu atau bahkan berpikir untuk mengakhiri hidupmu.

Menurut Adam Ant ‘mental health needs a great deal of attention. It’s the final taboo and it needs to face and deal with’.

Reporter: Ali Ruhiyat

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini