Monday, September 26, 2022
spot_img
spot_img

Berkeliling di Kawasan Kota Tua Jakarta, Pusat Distrik Batavia yang Estetik dan Penuh Sejarah

Jakarta, Aktualiti.com – Kawasan Kota Tua Jakarta terletak di Pinangsia, Tamansarari, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, dengan luas 1,3 km2 melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Kawasan ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit. Kawasan ini dulunya merupakan bangunan yang didirikan oleh Kolonial Belanda sebagai pusat distrik di Batavia, yang menjadi jalur perdagangan internasional.

Kawasan Kota Tua Jakarta tidak dapat dipisahkan dengan cerita masa lalu. Hal tersebut dapat dilihat dari bentuk bangunnnya. Sejarah awal daerah ini bermula ketika Fatahillah ditugaskan oleh Kesultanan Demak untuk menyerang Pelabuhan Sunda Kelapa yang pada saat itu merupakan milik dari Kerajaan Pajajaran. Setelah kejadian tersebut banyak penyerangan-penyerangan terhadap Sunda Kelapa dan berulang kali berganti nama.

Di kawasan ini terdapat banyak bangunan sejarah sekaligus museum-museum menarik yang wajib dikunjungi oleh wisatawan. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh wisatawan, seperti mengunjungi bangunan – bangunan sejarah, seperti museum, art street, dan bangunan lainnya. Tempat-tempat bersejarah tersebut memiliki gaya arsitektur eropa dan masih kokoh berdiri. Untuk mengunjungi bangunan – bangunan tersebut pengunjung diharapkan membayar di beberapa bangunan, sedangkan ada yang tidak dikenakan tarif sama sekali.

Baca juga : Mengenal Kompleks Ratu Boko, Wisata Alam dan Sejarahnya di Yogyakarta

Selain mengunjungi bangunan-bangunan bersejarah, wisatawan juga dapat bersepeda mengelilingi Kota Tua Jakarta. Di sekitar kawasan Kota Tua Jakarta terdapat penyewaan sepeda model lama untuk para wisatawan. Ssepeda tersebut dapat digunakan untuk objek foto maupun untuk sekedar bersepeda santai, sehingga sangat cocok dipadukan dengan bangunan tua yang ada di kawasan tersebut.

Di kawasan Kota Tua Jakarta, wosatawan dimanjakan dengan banyak kuliner dan cinderamata yang dijual oleh para pedagang. Para wisatawan dapat membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang ataupun mencicipi makanan khas daerah Betawi.

Untuk menuju ke kawasan Kota Tua Jakarta, wisatawan dapat menggunakan KRL Jabodetabek dan turun di stasiun Jakarta Kota. Kemudian menyebrang dan jalan beberapa meter saja, wisatawan sudah sampai di kawasan Kota Tua Jakarta. Selain menggunakan KRL Jabodetabek, wisatawan juga dapat menggunakan Trans Jakarta, Angkutan Kota, kendaraan pribadi, maupun menggunakan kendaraan online.

 

Reporter: Masning Salamah

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini