Friday, October 7, 2022
spot_img
spot_img

Catat! Lima Persiapan Hidup Menuju Usia 40 Tahun

Jakarta, Aktualiti.com – Siapa yang tidak ingin menjalani kehidupan di usia 40 tahun dengan tenang, damai, dan nyaman? Tentunya untuk mewujudkan itu perlu beberapa hal yang harus disiapkan. Baik itu mental maupun finansial.

Seorang perencana keuangan Prita Hapsari Ghozie dalam instagram miliknya @pritaghozie, memberikan tips yang harus dipersiapkan menuju usia 40 tahun. Berikut lima tips yang harus dipersiapkan menuju usia 40 tahun:

1. Kesehatan mental
Seseorang dikatakan sehat secara mental ketika merasa sejahtera, baik secara psikologis, emosional, maupun sosial. Orang yang sehat secara mental bisa menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar.

Ketika usia sudah mulai menginjak 40 tahun, kesehatan mental merupakan sesuatu yang penting yang harus disadari dan dimiliki, karena akan sangat berpengaruh terhadap hidup yang dijalani.

2. Siapkan tabungan
Dari kecil, orang tua dan guru di sekolah selalu mengajarkan kita untuk pandai menabung. Karena dengan menabung kita bisa menjadi orang yang siap untuk menjalani hidup ke depannya.

Ada beberapa tabungan yang harus disiapkan ketika usia sudah mulai menginjak 40 tahun, diantaranya:

a). Tabungan dana darurat, dana ini bisa digunakan ketika dalam kondisi darurat yang tidak terduga.

b). Tabungan pensiun, dana yang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan ketika menginjak hari tua atau pensiun.

c). Tabungan big purchase item, dana yang disiaplan untuk memenuhi kebutuhan aset yang cukup mahal, seperti tanah, rumah, dan mobil.

d). Tabungan short-tern wants, dana yang disiapkan untuk kebutuhan seperti liburan, gadget, dan umrah.

e). Tabungan tahunan, dana yang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan tertentu di masa depan.

3. Siapkan aset produktif
Aset produktif adalah aset memiliki kenaikan nilai. Biasanya dipersiapkan untuk hari tua. Aset ini bisa memberikan penghasilan tambahan dalam bentuk:

a) Cashflow income, dari sewa aset.
b) Capital gain, dari selisih jual beli aset.
c) Profitable income, dari dividen bisnis.
c) Royalty income, dari hasil karya.

4. Kembangkan keahlian diri
Selain bekerja, kita juga harus mampu meluangkan waktu untuk mengembangkan keahlian atau hobi yang disukai agar bisa memberikan semangat dalam menjalani hidup.

Kebiasaan atau hobi yang disukai harus mulai dibangun sebelum usia menginjak 40 tahun. Karena tantangan terbesar jelang pensiun bukan cuma kurang uang, tetapi juga kurang kegiatan.

5. Perluas jaringan pertemanan
Pepatah ‘silaturahmi memperpanjang usia’ merupakan hal yang benar adanya. Salah satunya adalah dengan memperluas pertemanan dan jaringan komunitas. Layaknya tumbuhan, pertemanan dan hubungan keluarga juga harus tetap dirawat dan dijaga.

Prita juga menyampaikan dalam postingannya itu bahwa di usia 20an, banyak yang khawatir bagaimana pendapat orang lain atas diri kita. Di usia 40an akhirnya kita menemukan bahwa selama ini tidak ada yang memikirkan tentang diri kita.

Reporter : Ali Ruhiyat
Sumber : instagram @pritaghozie

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini