Friday, October 7, 2022
spot_img
spot_img

Empat Spot Wajib saat Kamu Liburan ke Kepulauan Karimunjawa

Jepara, Aktualiti.com – Karimunjawa merupakan kepulauan yang terdiri dari 27 pulau. Berada di tengah laut Jawa, di Jepara, Jawa Tengah. Letaknya sekitar 83 km di utara Jepara.

Potensi wisata utama yang dimiliki Kepulauan Karimunjawa adalah lautnya. Kepulauan ini juga ditetapkan sebagai salah satu taman nasional pada tahun 2001.

Sejarah penamaan Karimunjawa menurut masyarakat setempat berasal dari kisah Syekh Amir Hasan, putra Sunan Muria, juga murid Sunan Kudus yang dibuang ke kepulauan ini karena kenakalannya.

Karena kepulauan ini letaknya jauh dan samar – samar yang dalam bahasa Jawa yaitu kerimun – kerimun, maka lama kelamaan, kepulauan ini dikenal dengan Karimunjawa.

Baca juga : Pesona Ranu Kumbolo, Spot Sunrise dan Kemping Favorit di Gunung Semeru

Kepulauan ini ditetapkan sebagai taman laut nasional dengan memiliki 90 jenis karang laut dan lebih dari 240 jenis ikan. Selain itu di beberapa pulau juga terdapat hutan mangrove dan hutan pantai, serta beberapa satwa daratan.

Untuk menuju Kepulauan Karimunjawa dapat melalui jalur darat, laut, dan udara. Melalui jalur darat dapat menggunakan kendaraan pribadi, kereta atau bis melalui tol Trans Jawa menuju Jepara.

Melalui jalur laut, dapat menggunakan kapal cepat atau ferry dari Pelabuhan Jepara. Jalur ini merupakan jalur yang paling diminati. Jika menggunakan kapal ferry maka mobil atau motor juga dapat diangkut.

Jika ingin menuju Kepulauan Karimunjawa dapat dilakukan dari Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang menuju Bandara Dewandaru, Kepulauan Karimunjawa. Pesawat yang digunakan menuju Kepulauan Karimunjawa adalah pesawat kecil dengan baling – baling.

Baca juga : Lima Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Hutan Pinus Mangunan

Untuk menuju Kepulauan Karimunjawa sendiri sebaiknya memilih waktu yang tepat, yaitu saat musim panas. Karena cuaca cenderung cerah dan arus laut tenang, sehingga dapat melihat laut biru bening Karimunjawa.

Terdapat berbagai tempat yang bisa dikunjungi ketika berada di Kepulauan Karimunjawa.

Pertama adalah Pantai Tanjung Gelam. Tempat ini menjadi wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Kepulauan Karimunjawa.

Panorama yang indah dengan pasir putih panjang yang terlihat jelas, serta terumbu karang yang terlihat dengan jelas adalah salah satu daya tariknya. Jika memasuki kawasan ini, perlu membayar sekitar 5 ribu rupiah. Untuk jam operasionalnya sendiri pukul 8 pagi hingga 6 sore.

Kemudian terdapat Pulau Menjangan Besar, yang merupakan pulau terbesar kedua setelah Pulau Karimunjawa. Di tempat ini terdapat penangkaran hiu yang menjadi destinasi favorit wisatawan.

Selain itu, di tempat ini pula terdapat banyak hewan laut seperti penyu, bintang laut dan ikan – ikan yang unik. Mengunjungi tempat ini perlu membayar sekitar 40 ribu. Jam operasionalnya pukul 7 pagi hingga 5 sore.

Selanjutnya terdapat Pulau Menjangan Kecil yang menawarkan pemandangan terumbu karang dengan kehidupan ikan – ikan kecil.

Selain berenang dan menyelam, aktivitas lain yang ditawarkan di pulau ini adalah snorkeling. Sehingga pulau ini dikenal sebagai ‘surga’ bagi kegiatan snorkeling dan diving.

Terdapat pula Hutan Mangrove yang masih berhubungan dengan wisata laut dan pantai. Di hutan ini juga terdapat beberapa spesies binatang yang akan menyapa pengunjung, jika beruntung.

Reporter: Masning Salamah

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini