Saturday, October 1, 2022
spot_img
spot_img

Estimasi Pendakian Gunung Merbabu Via Jalur Suwanting

Gunung Merbabu terletak di perbatasan Kabupaten Semarang, Magelang, dan Boyolali, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 3.142 meter di atas permukaan laut (mdpl). Juga, memiliki 5 jalur pendakian resmi, di antaranya: Selo (Boyolali), Thekelan (Kopeng, Salatiga), Suwanting (Magelang), Wekas (Magelang) dan Cuntel (Magelang).

Dari sekian jalur pendakian, jalur Suwanting adalah jalur yang paling terjal ditemani deretan bukit yang sangat tinggi dan jurang yang sangat curam. Maka, jalur ini kurang cocok bagi pendaki pemula, karena tekstur treknya menanjak sampai ke puncak.

Baca Juga: VIVO IQOO 10 Pro, Cas 10 menit Langsung Penuh

Meski jalur ini berat dan bikin pening, namun menyimpan pesona yang bikin merinding dibanding jalur lainnya. Bayangkan saja, pemandangan sabana eksotis Merbabu yang dikelilingi bunga edelweiss siap menyambut para pendaki. Yuk, ketahui estimasi pendakian fenomenal via jalur Suwanting ini, guys.

Basecamp – Pintu Rimba

Perjalanan dari basecamp sampai pintu rimba terhitung sejauh 850 meter dengan waktu tempuh 20 menit. Rutenya melewati perkebunan warga dan jalannya berkontur semen. Jika ingin mempersingkat waktu, bisa menggunakan ojek yang cukup merogoh kocek sebesar Rp10 ribu sekali jalan.

Pintu Rimba – Pos 1 (Lembah Lempong)

Medan pendakian dari pintu rimba menuju Pos 1 cukup landai. Reranting yang ada juga tidak menyulitkan meski tidak terlalu rindang. Perjalanan sejauh 800 meter ini memakan waktu sekitar 1 jam.

Pos 1 (Lembah Lempong) – Pos 2 (Lembah Mito)

Ada 3 lembah sekunder yang akan dilewati dari Pos 1 (Lembah Lempong) menuju Pos 2 (Lembah Mito): Lembah Gosong, Lembah Cemoro dan Lembah Ngrijan. Perjalanan dari Pos 1 ke Pos 2 terhitung sejauh 1.500 meter dan memakan waktu kisaran 3 jam.

Di sini, trekking sudah mulai berat dan sangat menguras tenaga. Kemiringan medan sudah di atas 60 derajat, bahkan sesekali harus dibantu dengan webbing guna mempermudah pendakian.

Pos 2 (Lembah Mito) – Pos 3 (Ndampo Awang)

Sesampainya di Pos 2, perjalanan menuju pos 3 menyusuri trek menanjak di samping bentangan sabana yang memakan waktu sekitar 6 jam dengan jarak tempuh sejauh 2.100 meter.

Persis, sebelum sampai Pos 3, ada Pos Air yang cukup dekat dengan camp area. Di sini, para pendaki dapat mengisi air sebelum bermalam di camp area.

Pos 3 (Ndampo Awang) – Puncak Suwanting

Perjalanan dari Pos 3 menuju Puncak Suwanting yang paling berat. Pasalnya, kemiringan tanah sekitar 70 derajat. Untungnya, medannya bertekstur rumput, jadi mudah untuk dipijak.

Meski sambil ditemani prahara, pesona aneka gunung: Ungaran, Telemoyo, Merapi, Andong, Sumbing dan Sindoro yang terlihat gagah dari kejauhan seakan mengisi energi yang baru terkuras. Sebagai tambahan, perjalanan ini memakan jarak sejauh 300 m dengan waktu tempuh hampir 1 jam.

Puncak Suwanting – Puncak Triangulasi

Tidak seberat trekking menuju Puncak Suwanting, perjalanan ke Puncak Triangulasi ini dapat ditempuh selama 20 menit saja. Suasana sunset dan sunrise sangat dinanti-nantikan para pendaki di puncak ini. Dikarenakan, Puncak Triangulasi merupakan puncak tertinggi Gunung Merbabu.

Puncak Triangulasi – Puncak Kenteng Songo

Trek Puncak Triangulasi ke Puncak Kenteng Songo di ketinggian 3.142 mdpl bisa ditempuh kisaran 10 menit perjalanan.

Sekedar catatan, waktu tempuh yang didapatkan bisa berbeda dengan masing-masing individu, sebab fisik dan mental setiap individu tidak sama.

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini