Monday, September 26, 2022
spot_img
spot_img

Faktor Pemicu Penurunan Performa Mesin Mobil Menurut Suzuki

Depok, Aktualiti.com – Setiap pemilik mobil tentu mendambakan performa mobil yang maksimal setiap berkendara. Faktanya, seiring waktu berjalan, sering kita dapati mobil jadi kurang bertenaga.

Dalam hal ini menurut Suzuki, ada beberapa faktor pemicu penurunan performa pada mobil. Berikut, faktor-faktor tersebut dikutip dari laman Suzuki hari ini, Selasa, 6 September 2022:

1. Sistem Bahan Bakar

Pertama-tama, perhatikanlah dan cek kondisi sistem dan filter BBM mobil. Karena, sistem tersebut berperan penting dalam menyuplai BBM. Misalnya, jika terjadi kendala, seperti fllter BBM tersumbat dan kotor, maka fungsi suplai BBM tidak akan optimal.

Pada dasarnya, filter yang kotor menyebabkan penyerapan BBM tidak sempurna dan tekanan injektor tidak stabil. Belum lagi, laju mobil jadi tersendat dan performa mesin mobil jadi berkurang.

Baca Juga: Tiga Negara Sukses Jaga Harga BBM di Bawah Rp 800/liter

2. Filter Udara Bermasalah

Hal yang tak kalah penting soal filter udara. Oleh karena komponen ini penyuplai oksigen dan penyaring udara yang masuk ke mesin, jika kondisinya kurang baik bisa menyebabkan akselerasi mobil jadi berkurang. Dikarenakan, oksigen yang disuplai ke mesin mobil kualitasnya kurang baik.

3. Komponen Pengapian Bermasalah

Pada umumnya, komponen pengapian mesin mobil terletak pada busi. Saat busi mobil tidak bisa bekerja dengan maksimal dapast menyebabkan penurunan performa mobil. Tak lain, busi mobil memantik api untuk pembakaran di kepala silinder. Sehingga, tanpa ada busi yang bekerja optimal, mesin mobil akan sulit dihidupkan apalagi berakselerasi.

4. Masalah Mesin

Salah satu masalah seputar mesin mobil yang paling sering terjadi adalah mesin yang terlalu panas atau overheat. Untuk mengatasi hal itu tentu perlu mengidentifikasi penyebabnya.

5. BBM Tidak Sesuai

Terakhir, untuk merasakan performa mobil yang maksimal dan bertenaga, gunakanlah jenis BBM dengan tingkat oktan terbaik. Sebab, semakin tinggi angka oktan, semakin baik pula kualitas dan performa mesin mobil.

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini