Thursday, September 29, 2022
spot_img
spot_img

Lima Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Hutan Pinus Mangunan

Yogyakarta, Aktualiti.com – Hutan Pinus Mangunan merupakan salah satu wisata yang terletak di Bantul, Yogyakarta. Sekitar 30 menit jika ditempuh dari pusat Kota Yogyakarta. Wisata ini merupakan wisata alam, sehingga lingkungannya asri dengan deretan pohon pinus yang tumbuh dengan subur di sepanjang hutannya.

Hutan Pinus Mangunan dikelola oleh Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan. Dengan luas wilayah mencapai 500 hektar.

Karena lokasinya terletak dekat dengan makam Imogiri. Masyarakat sering menyebutnya sebagai Hutan Pinus Imogiri.

Hutan Pinus Mangunan ini dulunya merupakan kawasan yang tandus, kemudian dikelola dengan penghijauan. Pohon yang terdapat di kawasan ini antara lain pohon pinus, pohon akasia, mahoni dan lainnya.

Hutan ini menjadi kawasan wisata dan juga kawasan hutan lindung. Karena menjadi kawasan wisata, terdapat banyak fasilitas untuk para pengunjung. Diantaranya ada toilet, mushola, tempat duduk, dan lainnya.

Baca juga :  Pesona Ranu Kumbolo, Spot Sunrise dan Kemping Favorit di Gunung Semeru

Untuk mengunjungi Hutan Pinus Mangunan, pengunjung hanya perlu membayar Rp 5000. Harga yang terjangkau tersebut membuat tempat ini tak pernah sepi didatangi pengunjung.

Pengunjung dapat mengunjungi Hutan Pinus Mangunan mulai dari jam 6 pagi hingga jam 7 malam. Lebih dari itu, Hutan Pinus Mangunan masih ditutup.

Terdapat banyak aktivitas seru yang dapat dilakukan pengunjung ketika berada di Hutan Pinus Mangunan, antara lain seperti:

  1. Berfoto di Spot yang Instagramable

Pemandangan Hutan Pinus Mangunan yang instagramable menjadi spot foto terbaik bagi kalangan muda. Selain itu juga, banyak spot foto yang menarik dan khas.

2. Bersantai Menggunakan Hammock

Pengunjung dapat bersantai sambil tiduran menikmati pemandangan di Hutan Pinus Mangunan menggunakan hammock. Disini juga tersedia penyewaan hammock dengan harga Rp 10.000.

3. Berkemah

Bagi pengunjung yang ingin bermalam di tengah Hutan Pinus Mangunan, terdapat lokasi khusus berkemah dengan tenda yang disediakan oleh pengelola kawasan. Jadi pengunjung bisa merasakan tidur di outdoor yang aman dan nyaman.

Baca juga : Tiga Spot Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang Wajib Kamu Kunjungi

4. Menjelajah Berbagai Kawasan

Hutan Pinus Mangunan sendiri merupakan lahan luas yang terdiri dari kawasan wisata yang berbeda. Sehingga para pengunjung dapat mengunjunginya satu per satu tempat.

5. Menikmati Kuliner Khas

Pengunjung dapat menikmati kuliner khas Yogyakarta di warung maupun kedai sekitar Hutan Pinus Mangunan. Terdapat pula minuman khas berupa wedang uwuh khas dari Bantul.

Reporter: Masning Salamah

Editor : M Nur Habib

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini