Tuesday, October 4, 2022
spot_img
spot_img

Orang yang Pintar Secara Emosional, Kenali Ciri-ciri dan Kebiasaannya

Jakarta, Aktualiti.com- Seorang Psikolog sekaligus Penulis Daniel Goleman mengungkapkan bahwa kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang mengatur emosi, menjaga emosi, dan pengungkapan melalui kesadaran diri, pengendalian diri, empati, motivasi, dan keterampilan sosial.

Ternyata, seseorang yang pintar secara emosional mempunyai ciri-ciri dan kebiasaan yang membuatnya mampu menjadi orang yang pintar secara emosional.

Dikutip dari Instagram @intrvrt.me, berikut ciri-ciri dan kebiasaan orang yang pintar secara emosional.

1. Mampu menerima perbedaan
Mereka terbuka dengan diskusi dan sadar dengan kemungkinan kalau mereka bisa saja salah. Disaat tidak satuju pun, mereka tetap menghargai hak seseorang untuk menyampaikan pendapatnya.

2. Memahami makna perasaan
Mereka pintar dalam mengidentifikasi pesan apa yang ingin disampaikan oleh perasaan yang muncul. Sehingga mereka tahu apa respon yang tepat terhadap perasaan tersebut.

3. Mengakui kesalahan dan kelemahan
Mereka tahu bahwa diri mereka tidaklah sempurna dan juga hanya manusia biasa yang sangat mungkin untuk melakukan kesalahan dan memiliki kelemahan. Karena itu mereka tidak malu untuk mengakui hal tersebut.

4. Tahu cara menghadapi Toxic People
Ketika berhadapan dengan seseorang yang toxic, mereka telah memasang pembatas sebelumnya. Dengan ini mereka lebih punya kendali atas situasi yang akan dihadapi.

5. Mudah memaafkan
Baik itu orang lain ataupun diri mereka sendiri, mereka tidak membawa beban amarah itu terlalu lama. Karena mereka mengerti bahwa pada akhirnya hal itu hanya akan merugikan mereka.

6. Menjaga ekspetasi
Akhir dari sebuah ekspektasi seringkali adalah kekecewaan. Dengan memahami hal ini, mereka lebih fokus untuk menikmati prosesnya daripada selalu memikirkan hasil.

7. Tenang dalam menolak
Mereka mengerti bahwa tidak selamanya ‘iya’ itu baik. Terkadang mengatakan ‘iya’ hanya akan mengganggu prioritas yang lebih penting di hidup mereka. Prioritas ini seringkali adalah diri mereka sendiri.

8. Menerima kritikan
Mereka percaya bahwa selalu ada ruang untuk terus memperbaiki diri. Maka dari itu, mereka sama sekali tidak terganggu dengan kritikan yang datang, bahkan memanfaatkannya.

9. Menjaga komitmen
Mereka bertanggung jawab atas apa yang mereka janjikan. Tidak peduli sekecil apapun janji tersebut. Karena mereka tahu bisa jadi itu adalah hal yang berharga untuk orang lain.

10. Pintar menempatkan diri
Mereka tahu dengan siapa mereka berbicara dan bagaimana mengatur intonasi dan gaya bicara mereka.

11. Memiliki empati yang tinggi
Mereka mencoba untuk menaruh diri mereka di sepatu orang lain untuk berusaha memahami kondisi orang tersebut. Dan juga mereka tulus dalam membantu.

12. Tidak membandingkan diri
Mereka tahu bahwa garis start tiap orang itu berbeda-beda, karena itu tidak adil untuk membandingkan diri mereka dengan orang lain.

13. Tidak berlebihan
Mampu menahan untuk tidak terlalu berbangga diri atau bahkan melebih-lebihkan pencapaian diri mereka. Apa yang mereka katakan, itulah adanya.

14. Tidak menyalahkan diri
Mereka bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan tanpa harus menyalahkan kenapa mereka melakukan hal tersebut. Karena mereka tahu dari situlah mereka berkembang.

Reporter: Ali Ruhiyat
Sumber: Instagram @intrvrt.me

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini