Monday, September 26, 2022
spot_img
spot_img

Pesona Nepal van Java, Desa di Lereng Gunung Sumbing

Magelang, Aktualiti.com – Nepal van Java merupakan julukan yang diberikan kepada Desa Butuh di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang yang berada di ketinggian 1600 meter diatas permukaan laut.

Disebut sebagai Nepal van Java lantaran memiliki pemandangan seperti Negara Nepal berupa rumah penduduk yang seperti bertumpuk di lereng gunung. Jika di Negara Nepal adalah Gunung Everest, maka di Dusun Butuh berada di Gunung Sumbing.

Nepal van Java berada sekitar 21,5 km dari pusat kota Magelang, sekitar satu jam perjalanan. Jika mengunjungi tempat tersebut, pengunjung perlu membayar parkir sekitar 2 ribu untuk sepeda motor, dan 5 ribu untuk parkir.

Baca juga : Pesona Ranu Kumbolo, Spot Sunrise dan Kemping Favorit di Gunung Semeru

Pemandangan yang khas dan cuaca alam yang asri juga dapat dinikmati oleh pengunjung jika berada di Nepal van Java. Selain itu, pengunjung bisa mengunjungi beberapa wisata yang berada di daerah tersebut, terutama wisata bercocok tanam dan memetik sayuran.

Terdapat beberapa tips jika ingin mengunjungi Nepal van Java. Pertama, pastikan kendaraan yang kamu gunakan kuat untuk menanjak. Hal ini lantaran lokasi Nepal van Java yang berada di lereng Gunung Sumbing, pasti akan sering sekali menemukan tanjakan. Jika kendaraan yang digunakan tidak kuat untuk menanjak, maka terdapat opsi lain yaitu menggunakan jasa ojek yang akan mengantarkan pengunjung hingga Dusun Butuh.

Jika pengunjung menggunakan kendaraan pribadi, pastikan rem tidak blong. Mengingat kondisi daerah Nepal van Java yang curam dan panjang, jika melakukan pengereman terus menerus bisa membuat rem mudah blong.

Selanjutnya jika ingin mengunjungi Nepal van Java, pastikan datang saat cuaca cerah. Karena latar belakang Gunung Sumbing hanya bisa dinikmati ketika cuaca sedang cerah.

Baca juga : Empat Spot Wajib saat Kamu Liburan ke Kepulauan Karimunjawa

Selain itu juga akan mempercantik pemandangan, seperti kombinasi langit biru, hijau Gunung Sumbing, dan perumahan penduduk yang terlihat sangat padu. Cuaca cerah biasanya terjadi saat musim kemarau, antara bulan Mei hingga bulan September.

Selain itu, pengunjung juga bisa datang ke Nepal van Java saat pagi hari. Karena cuaca di daerah tersebut akan cerah ketika pagi hari. Cahaya matahari timur juga akan menguatkan warna.

Untuk menuju Nepal van Java, pengunjung bisa masuk melalui Kota Magelang. Setelah berada di Kota Magelang, pengunjung menuju ke arah Kecamatan Bandongan. Jika sudah sampai Pasar Bandongan, pengunjung terus lurus hingga sampai di pertigaan dan belok kiri menuju Kaliangkrik.

Setelah itu pengunjung terus menyusuri jalan hingga bertemu dengan pertigaan dan belok kanan menuju Sutopati. Setelah itu pengunjung akan menemukan balai Desa Temanggung dan akan bertemu dengan papan petunjuk arah Nepal van Java.

Reporter: Masning Salamah

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini