Tuesday, October 4, 2022
spot_img
spot_img

Simak! 5 Cara Mudah Agar Rambut Tidak Mengembang

Jakarta, AKTUALITI.com – Rambut merupakan salah satu elemen penting yang harus kita rawat. Sebab, tak jarang permasalahan rambut membuat seseorang bisa terganggu, bahkan sampai kehilangan kepercayaan diri. Tidak hanya perempuan, laki-laki yang memiliki rambut pendek sekalipun hendaknya selalu merawat rambutnya. Tentunya hal ini disebabkan karena kita harus senantiasa menjaga kebersihan diri. Sebab menurut W. Aspinwall, kebersihan memiliki pengaruh yang kuat terhadap kesehatan dan kelestarian tubuh.

Dilansir dari Halodoc, berikut ini adalah 5 cara agar rambut tidak mengembang.

  1. Pahami Jenis Rambutmu

Ketika hendak melakukan sebuah perawatan pada rambut, hal yang paling penting untuk kamu ketahui terlebih dahulu adalah jenis rambutmu. Sebab, dengan mengetahui jenis rambut, kamu akan lebih mudah dalam menentukan perawatan yang tepat.

Apabila rambutmu lurus, maka akan semakin mudah untuk merawatnya. Hal ini dikarenakan minyak alami dari kulit kepala akan semakin mudah bergerak melalui kutikula.

  1. Hindari Keramas dengan Air Hangat

Keramas dengan air hangat dapat membuat rambut menjadi rusak. Sebab, air yang terlalu panas dapat membuat rambut menjadi kering, kaku, rontok dan mudah patah.

Selain itu, keramas menggunakan air yang hangat dapat mengangkat minyak dari kulit kepala. Sehingga, menyebabkan minyak alami yang ada di kepala bisa terangkat. Padahal minyak alami tersebutlah yang dapat menjaga rambut agar tetap lembut dan terawat.

  1. Gunakan Gel Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak sekali manfaat untuk dunia kecantikan dan kesehatan. Lidah buaya mengandung vitamin A, C dan E yang dapat mengganti  dan meningkatkan pertumbuhan sel rambut yang sehat.

Lidah buaya juga mengandung vitamin B12 dan Asam Folat yang berfungsi untuk mencegah kerontokan rambut.

Komponan lidah buaya yang kaya akan vitamin menunjukkan bahwa lidah buaya dapat memperbaiki kerusakan rambut.

Caranya campurkan 2 sendok makan gel lidah buaya, 1 sendok makan jus lemon, 2 sendok teh minyak jarak dan 2 sendok teh madu. Kemudian, oleskan pada rambut yang basah dan biarkan sampai kering. Setelah itu, cuci bersih menggunakan sampo dan kondisioner.

  1. Lakukan Pijat Kepala

Cara sederhana untuk merangsang pertumbuhan rambut adalah dengan memijat kulit kepala. Hal ini disebabkan karena saat kulit kepala dipijat, maka aliran darah ke kulit kepala dapat meningkat, sehingga dapat membantu nutrisi masuk ke folikel lebih cepat dan akar rambut menjadi lebih kuat.

  1. Gunakan Minyak Kelapa Setelah Keramas

Sejak dulu, minyak kelapa dipercaya dapat memperbaiki kerusakan rambut, karena dapat membuat rambut menjadi lembut. Hal ini dikarenakan minyak kelapa mengandung asam laurat, sehingga dapat mencegah rambut kehilangan proteinnya.

 

Nah, itulah 5 cara yang dapat dilakukan agar membuat rambut kita tidak mengembang. Selain membuat rambut tidak mengembang, cara diatas juga dapat membuat rambut menjadi lebih sehat, lembut dan berkilau.

Bagaimana aktualiters? Cukup mudah untuk dilakukan di rumah, bukan?

 

Referensi:

Halodoc. Diakses pada Rabu, 9 Maret 2022. Cara Mengatasi Rambut Mengembang dan Kaku di Rumah.

Byrdie. Diakses pada Kamis, 10 Maret 2022. How to Make Hair Grow Faster Naturally.

Hellosehat. Diakses pada Kamis, 10 Maret 2022. Mana yang Lebih Baik: Keramas dengan Air Hangat atau Air Dingin?

Kompas. Diakses pada Kamis, 10 Maret 2022. 4 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut, Tak Cuma Menyuburkan.

Terkait

terhubung

0FansLike
0FollowersFollow
10FollowersFollow
- Advertisement -spot_img

Terkini